Apa Saja Yang Termasuk Dalam Biaya Reklamasi Tambang?

Apa Saja Yang Termasuk Dalam Biaya Reklamasi Tambang?

Pengertiannya Ad

Biaya reklamasi tambang adalah perhatian utama yang perusahaan perhatikan sebelum merencanakan hal lainnya, mengapa? Percuma menunjuk staf penanggung jawab atau menyusun kerangka rencana apabila biaya pengurusan reklamasi tambang tidak mencukupi. Sebenarnya, berapa besarkah biaya melaksanakan reklamasi tambang?

Apa Saja Yang Termasuk Dalam Biaya Reklamasi Tambang?

Pada umumnya, rencana biaya reklamasi akan perusahaan tambang buat dalam 12 bulan untuk jangka waktu lima tahun. Menariknya lagi, ada dua macam pembiayaan yang sengaja perusahaan pisahkan yakni rencana biaya langsung dan rencana biaya tidak langsung.

Apa saja yang termasuk pada rencana biaya langsung? Rencana biaya ini meliputi pemanfaatan keuangan untuk penatagunaan lahan pasca kegiatan tambang. Lahan yang sekiranya masih bisa masyarakat, perusahaan atau pemerintah kelola akan ditata semaksimal mungkin.

Biaya langsung juga termasuk pada pekerjaan sipil. Maka semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan sipil, rincian keuangan dan tagihan biayanya akan masuk ke tagihan langsung. Lantas, bagaimana dengan biaya tidak langsung?

Biaya tidak langsung merupakan bentuk dari pemanfaatan keuangan untuk kegiatan perencanaan reklamasi, supervise dan sebagainya. Saat ini, perusahaan tidak hanya menghitung biaya reklamasi tambang terbaru, mereka juga pemerintah tuntut untuk membuat jaminan reklamasi.

Jaminan reklamasi merupakan bentuk jaminan atau tabungan yang perusahaan miliki untuk pelaksanaan kegiatan reklamasi tambang. Ada empat jaminan reklamasi meliputi deposito berjangka, asuransi, bank garansi dan terakhir adalah cadangan akuntansi.  Masing-masing jaminan memiliki ciri khas dan kelemahan yang patut perusahaan tambang pahami.

Ketahui 5 Tahapan Reklamasi Tambang

  1. Memilih Lahan

Perusahaan tambang biasanya menggunakan lahan pertambangan yang besar untuk melaksanakan kegiatan mereka. Pada tahapan ini, Anda perlu memastikan mana lahan yang paling tepat untuk pelaksanaan reklamasi tambang. Cara ini efektif dan efisien untuk pelaksanaan tahapan demi tahapan selanjutnya.

Ada pun kriteria tanah yang harus Anda pilih adalah tanah kaya akan unsur hara sehingga memiliki potensi yang sangat tinggi. Jenis tanah seperti ini tidak akan sulit untuk masyarakat kelola menjadi perkebunan atau pemanfaatan kegiatan lainnya.

2. Pembersihan

Usai memilih lahan secara seksama langkah selanjutnya adalah pembersihan. Kegiatan ini penting untuk memastikan jika lahan berada dalam kondisi bersih tanpa ada unsur pertambangan lagi. Manfaat utama dari kegiatan pembersihan lahan sangat banyak terutama untuk masa depan lahan.

Lahan yang bersih setelah pemanfaatan perusahaan tambang memiliki usia subur lebih lama daripada lahan yang terkontaminasi dari zat kimia.  Kegiatan pembersihan lahan ini membutuhkan tenaga kerja dan peralatan terbaik.

3. Pengangkutan dan Penimbunan Lahan Bekas Tambang

Mahalkah biaya reklamasi tambang emas atau batubara? Jawabannya tergantung dari beberapa faktor. Namun rencana reklamasi tambang bisa kita sebut sukses apabila telah melalui tahapan ini.

Tahapan ini berguna untuk mengurangi dan menambahkan lahan bekas pertambangan sesuai dengan kebutuhannya. Artinya jika lahan kurang volumenya maka perusahaan bisa menambahkan dan berlaku juga kebalikannya.

4. Pemadatan Lahan

Bagian keempat adalah pemadatan lahan untuk memastikan lahan siap pakai. Lahan yang padat tidak mudah longsor ketika ada benda-benda berat di atasnya.

5. Penanaman Bibit

Kegiatan reklamasi selanjutnya adalah menanam bibit hidroseding. Bibit ini membantu lahan menjadi semakin kaya dan subur. Semakin banyak bibit yang perusahaan sebar semakin besar pula kemungkinan lahan menjadi lebih kaya unsur haranya.

Melakukan reklamasi pada lahan pertambangan membutuhkan banyak perencanaan dan persiapan karena tanpa keduanya akan sulit untuk tahapan eksekusi.  Tapi selain itu, perusahaan juga sudah harus menyiapkan biaya reklamasi tambang sehingga kegiatan reklamasi bisa sukses dan berjalan sampai selesai.

Baca Juga : RKAB Pertambangan

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com