Cara Mengurus Izin TKA

Cara Mengurus Izin TKA

Izin Tenaga Kerja Asing

Dokumen penting ini mengharuskan siapa yang membutuhkan wajib memahami cara mengurus izin TKA. Terdapat beberapa langkah dan proses penting yang harus terlampaui untuk bisa mendapatkannya. Bahkan jika terpakai untuk hal-hal yang tidak baik ada sanksi yang harus Anda dapatkan.

Alur terkait cara mengurus izin tenaga kerja asing

1. Registrasi online

Langkah pertama untuk mendapatkan izin tenaga kerja asing adalah dengan melakukan registrasi online. Registrasi ini harus menggunakan website resmi terkait yang nantinya setiap pemohon akan mendapatkan nomor antrean. Nomor ini sangat penting untuk menuju tahap proses registrasi berikutnya.

2. Pengisian formulir

Cara mengurus izin tenaga kerja asing terbaru yang kedua adalah melakukan pengisian formulir. Anda harus mengisi dengan lengkap semua kolom yang ada pada formulir terkai jangan sampai ada yang tertinggal. Formulir ini merupakan syarat krusial untuk mengetahui identitas pemohon dan juga data lengkap sebagai pendukungnya.

3. Proses unggah dokumen

Langkah berikutnya adalah melakukan proses pengunggahan dokumen. Proses ini juga tidak kalah pentingnya dengan pengisian formulir sebelumnya. Dokumen yang terunggah harus memenuhi syarat format dan juga ukurannya. Jika ukuran dokumen terlalu besar biasanya akan terunggah lama atau bahkan gagal.

4. Proses verifikasi

Setelah melalui ketiga proses tersebut langkah berikutnya adalah proses verifikasi. Proses ini merupakan tugas dari instansi terkait untuk melakukan pengecekan dan penilaian mengenai berkas yang ada. Kemudian ketika proses verifikasinya sudah selesai maka akan muncul jadwal yang terbuat oleh kemenaker secara resmi.

5. Proses pengesahan surat izin

Jika verifikasi dan jadwal sudah muncul maka tahap berikutnya adalah memberikan pengesahan pada surat izin oleh badan yang berwenang. Proses ini surat akan mendapatkan penomoran, tanda tangan basah dan juga cap resmi dari yang mengeluarkan.

6. Pemegang surat izin terkait

Setelah melalui banyak proses tersebut maka surat izin sudah bisa kembali pada sang pemohon.

Sanksi dan konsekuensi terkait surat izin tenaga ahli

Selain proses pengurusan surat izin Anda wajib tahu konsekuensi atau sanksi yang ada jika tidak memenuhi aturan terkait sebagai berikut:

1. Berat tidaknya kasus

Konsekuensi pertama yang wajib Anda pahami adalah sanksi dan denda yang akan terbebankan sesuai dengan tindakan pelanggaran yang terjadi. Segala bentuk aturan ini sudah sah dan bisa terbaca dengan jelas pada undang-undang yang mengaturnya.

2. Kasus terkait pemberitahuan yang mengalami pencabutan

Konsekuensi mengenai cara mengurus izin tenaga kerja asing terlengkap yang kedua adalah mengenai proses notifikasi terkait. Kejadian yang satu ini terjadi jika seorang tenaga asing mengisi jabatan yang tidak boleh mereka isi. Terdapat pembatasan tertentu mengenai jenis jabatan untuk tenaga kerja asing..

3. Proses penghentian izin untuk TKA

Perhentian izin ini biasanya berlaku sementara karena tidak adanya pekerja pendamping bagi TKA. Kasus lainnya juga bisa berupa tidak terselenggaranya proses pelatihan dan pendidikan bagi tenaga asing terkait.

4. Pelayanan yang mengalami penundaan

Untuk sanksi yang satu ini berlaku bagi tenaga asing yang tidak ikut dalam program asuransi. Kasus lainnya juga berupa tidak adanya laporan terkait proses pelatihan dan pendidikan tersebut.

5. Biaya dan waktu

Untuk lama tidaknya proses pengurusan tergantung banyaknya antrean dan juga kelengkapan berkas tersebut. Kemudian untuk biaya pengeluaran juga menyesuaikan.

Mengenai cara mengurus izin tenaga kerja asing ini memang membutuhkan waktu yang lumayan banyak serta tenaga. Anda harus melalui antrean yang sudah ada dengan menyiapkan semua syarat terlampir.

Baca Juga : Contoh IMTA

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com