Contoh IPPKH

Contoh IPPKH

Berikut Contoh IPPKH

Pembuatan surat izin harus sesuai dengan format contoh IPPKH. Contoh ini juga sebagai pedoman agar para awam tidak bingung untuk memulai pembuatan suratnya. Selain itu dengan mengetahui contoh yang benar bisa membedakannya dengan yang palsu.

Format untuk contoh izin pinjam pakai kawasan hutan

  1. Kop surat

Bagian pertama yang harus ada pada suratnya adalah kop surat. Kop ini berisikan badan penyewa yang bersangkutan lengkap dengan alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Kontak yang bisa masuk berupa telepon dan faksimile yang jelas. Komponen ini mampu memberikan keterangan yang lengkap dari pembuat suratnya.

  1. Nomor surat

Bagian kedua pada contoh izin pinjam pakai kawasan hutan terupdate adalah pengisian nomor surat, hal dan lampiran. Untuk bagian nomor suratnya harus sesuai dengan urutan surat keluar pada saat surat tersebut jadi. Kemudian pada hal harus terisi mengenai kegiatan apa yang akan terselenggara. Yang terakhir ada lampiran berupa dokumen pendukung.

  1. Tujuan surat

Lanjut untuk bagian ketiga berisikan tujuan surat tersebut untuk siapa. Pada bagian ini harus terisi lengkap mulai dari nama yang bersangkutan dan instansi terkait. Hal ini untuk memudahkan proses penyampaian surat tersebut agar tidak salah alamat.

  1. Isi surat

Pada bagian isi surat harus ada kalimat pembuka sebagai pengantar sebelum masuk ke inti surat tersebut. Bahasanya harus formal namun masih bisa terpahami dengan jelas. Jelaskan isian pengantar tersebut secara gamblang dan beberapa komponen yang harus ada di dalamnya. Kemudian masuk pada jadwal kapan proses peminjaman tempat terjadi.

Harus ada hari, tanggal, tahun dan jam yang tepat. Jam yang ada harus memuat kapan mulai dan kapan berakhir proses peminjamannya. Jelaskan juga tempat spesifik yang akan disewa pada surat tersebut. Bagian terakhir adalah penutup untuk isi suratnya. Umumnya berisi penutupan mengenai surat yang tersampaikan dan juga disertai dengan salam setelahnya. Bagian ini lebih baik singkat saja jangan sampai melebihi tiga kalimat.

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat

Lanjutkan dengan menuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat dengan jelas pada bawah penutup.

  1. Nama terang

Terakhir jangan lupa mengisikan nama terang sebagai penulis surat sekaligus sebagai komponen terakhir dari suratnya.

Langkah pengurusan surat izin

Setelah mengetahui format surat yang benar maka langkah berikutnya adalah mengetahui langkah untuk mengurus perizinan ini. Adapun langkah yang harus terlalui bisa dilihat sebagai berikut:

1. Menghubungi customer service

Langkah pertama setelah paham contoh izin pinjam pakai kawasan hutan terpercaya adalah menghubungi CS terkait. Dalam proses ini Anda bisa mencari informasi terkait surat dan juga pengisian formulir yang jelas.

2. Masuk ke loket pendaftaran

Selanjutnya pemohon bisa masuk ke antrean loket pendaftaran dengan memberikan dokumen dan formulir yang telah terisi. Tunggu sampai tim memeriksa kelengkapan berkas dan bisa menuju proses berikutnya.

3. Verifikasi

Berikutnya adalah proses verifikasi yang menjadi wewenang tim untuk menyalurkan berkas yang ada pada bagian yang bertugas. Proses ini cukup panjang karena dokumen yang sudah ada akan melewati proses pengecekan mendalam.

4. Penyerahan

Jika semuanya sudah benar dan suratnya sudah selesai maka langkah berikutnya adalah surat akan diberikan pada Anda. Akan ada bukti serah terima yang sah dan juga pembayaran.

Contoh izin pinjam pakai kawasan hutan ini sangat krusial untuk mendukung pengadaan surat yang resmi. Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan mengenai kegiatan yang sudah terlampir.

Baca Juga : SBNP Adalah

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com