IMTA Adalah

IMTA Adalah

Pengertian IMTA

IMTA adalah surat izin yang berguna untuk tenaga asing yang bekerja dalam negeri. IMTA memiliki waktu berlaku yang sebentar seperti surat izin lainnya. Paling tidak sekitar satu tahun setelah terbit Anda wajib melakukan perpanjangan jika masih menggunakannya. IMTA memiliki fungsi dan perlindungan yang krusial bagi tenaga asing yang terlibat kontrak.

Aturan syarat IMTA adalah

  1. Slip pembayaran

Syarat pertama untuk mengurus IMTA adalah melampirkan slip pembayaran. Lampiran yang termasuk berupa pembayaran dari DPKK dengan warna hijau. Anda wajib melampirkan sebanyak dua lembar dengan fotokopi warna.

  1. Surat dengan kop lengkap

IMTA adalah dan syaratnya yang kedua adalah membuat surat lengkap dengan kopnya. Surat pernyataan ini harus jelas dengan format ketik. Anda harus menambahkan meterai, stempel sebanyak enam buah dan juga tanda tangan basah.

  1. Pas foto terbaru

Syarat berikutnya adalah melampirkan pas foto terbaru. Foto tersebut harus berukuran 4×6 berwarna. Kemudian lampirkan juga kartu tanda pengenal atau KTP dari tenaga kerja sebagai pendampingnya.

  1. Dokumen terkait perusahaan

Untuk dokumen keempat yang harus masuk adalah dokumen penting terkait dengan perusahaan. Semua dokumen ini harus terjilid menjadi satu dan jangan sampai ada yang tertinggal. Dokumennya harus dalam bentuk fotokopi warna.

  1. Surat keterangan, SIUP dan TDP

Dokumen kelima yang tidak kalah penting adalah lampiran surat keterangan dari kementerian hukum. Lampirkan juga surat izin dagang dan juga tanda daftar perusahaan terkait.

  1. Surat wajib lapor dari perusahaan

Anda harus membuat surat laporan terkait pelaporan tenaga kerja dari perusahaan. Rinciannya harus jelas dengan detail yang mudah terbaca.

  1. Surat domisili dan NPWP

Lampirkan juga surat domisili keterangan tempat tinggal dari tenaga asing terkait dalam negeri. Jangan lupa berikan nomor NPWP dari perusahaan yang ada.

  1. Akta notaris dan KTP HRD

Syarat terakhir adalah lampiran akta notaris dari perusahaan resmi dan juga KTP HRD sebagai jaminannya.

Kebijakan terkait IMTA

Setelah mengenal syarat pembuatan IMTA berikutnya adalah Anda wajib mengenal beberapa hal penting terkait kebijakan IMTA sebagai berikut:

  1. Pemberian IMTA sementara

Pemberian IMTA untuk tenaga asing akan terjadi selama sementara saja jika menggunakan beberapa hal berikut ini:

    • Hal penting terkait mengenal IMTA adalah yang pertama mengenai pekerjaan yang berhubungan dengan elektrikal dan mesin. Pekerjaan lain yang terkait juga berupa layanan jual purna.
    • Proses auditasi pengenalan mutu dan juga produksi. Semuanya harus hanya berjangka satu bulan dari surat izin terbit.
    • Pekerjaan terkait pembuatan film dengan sifat komersial dengan izin yang sudah terlampir. IMTA bisa lebih panjang jangka kontraknya jika diperlukan proses kontrak yang lebih panjang.
  1. Kebijakan IMTA

Anda wajib tahu mengenai pengecualian pada jabatan-jabatan terkait dengan perpanjangan IMTA dan juga masa berlakunya. Seperti halnya tenaga asing yang hanya bertugas selama enam bulan untuk keperluan permesinan. Masa berlaku ini tergantung lamanya proses pekerjaan dan penyelesaiannya.

  1. Ketentuan biaya dan lampiran

Untuk berkas dan surat terkait bagi pemohon tidak mendapatkan pungutan biaya apa pun. Namun ada biaya DPKK yang harus ditanggung yakni sekitar USD 100 untuk jabatan setiap bulannya. Semua hal ini sudah teratur dengan jelas berdasarkan undang-undang terkait. IMTA adalah surat izin yang berguna untuk perizinan tenaga asing yang bekerja dalam negeri untuk kontrak tertentu. Surat ini sebagai jaminan dan perlindungan serta kontrak yang jelas sesuai aturannya.

Baca Juga : Contoh IMTA

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com