Jasa Kepengurusan SBU

Jasa Kepengurusan SBU

Kepengurusan SBU

Pelaksana bisnis perlu memikirkan menyewa jasa kepengurusan SBU alias Sertifikat Badan Usaha agar perusahaannya bisa berjalan secara lancar. Jika Anda memiliki sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang konstruksi, sertifikat ini wajib hukumnya.

Setiap bisnis apalagi jika tergolong dalam skala besar tentu perlu memiliki sejumlah surat perizinan maupun sertifikat. Tidak terkecuali dalam bisnis kontraktor yang mana pemilik usaha memerlukan SBU. Anda tidak bisa begitu saja menjalankan suatu bisnis tanpa memenuhi berbagai persyaratan yang diatur oleh pemerintah.

Terlebih pada bisnis kontraktor yang mana akan berkaitan dengan keamanan serta keselamatan nyawa manusia. Pengurusan beragam dokumen untuk memastikan legalitas bisnis pada bidang kontraktor maupun jasa konsultan memang cukup memakan waktu dan tenaga. Namun, Anda dapat memanfaatkan jasa pihak ketiga jika ingin lebih praktis.

Mengenal Pengertian SBU bagi Badan Usaha

SBU adalah sebuah dokumen yang mana menyatakan bahwa sebuah badan usaha mampu menjalankan kegiatan bisnisnya karena sudah tersertifikasi serta memenuhi standar-standar tertentu.

Sementara itu,pihak yang berwenang menerbitkan sertifikat ini yaitu LPJK. Tanpa memiliki dokumen ini, perusahaan Anda belum bisa membuktikan legalitas bisnis, hal ini tentu bisa berdampak negatif bagi instansi tersebut.

Kepemilikan dokumen SBU nantinya juga menjadi persyaratan mendapatkan perizinan IUJK atau Izin Usaha Jasa Konstruksi. Maka, tanpa dokumen tersebut suatu badan usaha tidak bisa beroperasi secara sah berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

Pemilik perusahaan bisa mengajukan permohonan sertifikat ini secara mandiri atau membayar jasa pengurusan SBU. Jenis badan usaha yang harus memiliki dokumen ini antara lain kontraktor, jasa konsultan, serta jasa konstruksi terintegrasi. Oleh karena itu, agar mendapatkan dokumen tersebut Anda perlu mengetahui jenis klasifikasi perusahaan.

Dalam pengajuannya, terdapat proses verifikasi serta evaluasi terhadap instansi pemohon sesuai dengan tingkat klasifikasinya. Faktor-faktor sertifikasinya sendiri meliputi beberapa hal, misalnya faktor penerapan sistem keamanan, peralatan penunjang pekerjaan, hingga tenaga kerja yang terlibat.

Selain itu, penilaian SBU juga meliputi pengalaman dalam menangani proyek. Jumlah kekayaan serta laporan keuangan perusahaan juga menjadi pertimbangan dalam penilaian apakah badan usaha tersebut layak mendapatkan SBU. Jadi, intinya jika badan usaha memiliki sertifikat ini menandakan profesionalisme serta layak beroperasi.

Syarat-Syarat untuk Mendapatkan SBU

Ada beberapa syarat administratif yang perlu dipenuhi jika ingin mendapatkan sertifikat tersebut. Beberapa dokumen tersebut antara lain salinan SKA ataupun SKT bagi PJ Teknis serta PJ Klasifikasi.

Selain itu, wajib juga melampirkan salinan akta pendirian badan usaha dari notaris, salinan NPWP perusahaan, salinan TDP, salinan SK pengesahan PT dari pemerintah terkait dalam hal ini yaitu Menkumham.

Perlu juga melampirkan salinan identitas berupa KTP dari jajaran direksi serta komisaris perusahaan, salinan KTP serta NPWP para pemegang saham, data posisi finansial serta laporan pajak perusahaan, dan lainnya.

Banyaknya persyaratan untuk mendapatkan SBU terkadang menjadi kendala tersendiri bagi perusahaan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda menyewa jasa pihak ketiga yang akan membantu dalam mengurus pengajuan dokumen tersebut.

Keuntungan Memiliki SBU lewat Jasa Pengurusan SBU

Secara umum, kepemilikan sertifikat ini menjadi bukti perusahaan Anda telah secara sah dan legal dalam menjalankan bisnis. Sedangkan beberapa keuntungan lain memiliki dokumen ini yaitu sebagai berikut.

  1. Mendapatkan Kepercayaan dari Klien

Klien yang akan bekerja sama dengan sebuah perusahaan tentu tidak mau mengambil risiko besar. Mereka cenderung memilih badan usaha terpercaya dan kredibel. SBU menjadi penanda kredibilitas sebuah perusahaan sehingga mendapat kepercayaan klien.

  1. Berkesempatan Mendapat Proyek Besar

Untuk memenangkan tender pada proyek besar, maka harus memiliki kualifikasi yang mumpuni. Dengan adanya sertifikat ini, perusahaan Anda mempunyai kesempatan lebih besar dalam mendapatkan berbagai mega proyek.

Biar bagaimanapun, pengurusan dokumen ini memang memerlukan fokus tersendiri. Supaya prosesnya lebih cepat dan mudah, solusinya yaitu menyewa jasa pengurusan SBU terpercaya.

Baca Juga : Izin Bahan Peledak

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

CALL / WA : 0811-8085-587 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com