Jasa Pengurusan ISPS Code

Jasa Pengurusan ISPS Code

ISPS Code

Dalam proses pelaksanaan jasa pengurusan ISPS code ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. ISPS code terbuat untuk memenuhi kebutuhan keamanan dan kenyamanan dari tindakan terorisme. Hal ini berkaitan dengan langkah-langkah atau upaya dari masing-masing negara yang menyesuaikan kondisi lapangan masing-masing.

Jasa ISPS Code dan istilah penting ISPS

  1. Security level

Istilah pertama yang banyak muncul dalam penerapannya adalah security level. Maksud dari istilah ini yakni terkait pengelompokan atau klasifikasi dari keamanan pelabuhan serta kapal. Acuannya berupa hasil dari pengumpulan data dan pengamatan yang terlaksana. Umumnya security level ini terbagi menjadi tiga tingkatan yakni tinggi, rendah dan sedang. Pemerintah akan melakukan proses pengujian untuk menentukan nilai security terkait.

  1. Company security officer

Istilah berikutnya dalam jasa ISPS code terbaru adalah company security officer. Dalam hal ini yang menjadi maksudnya adalah penanggung jawab atau seseorang yang mendapat kepercayaan. Orang ini memiliki wewenang untuk memberikan penilaian terkait beberapa kriteria mengenai keamanan perkapalan.

  1. Port facility security plan

Selanjutnya ada istilah port facility security plan. Istilah ini memiliki pengertian perencanaan secara tertulis dengan penyusunan yang mumpuni. Tujuannya untuk memberikan jaminan bagi segala hal dalam bidang fasilitas perkapalan dan insiden yang mungkin terjadi.

  1. Ship security plan

Istilah nomor empat adalah ship security plan. Dalam pengertiannya, ship security plan merupakan perencanaan dalam bentuk tertulis untuk jaminan. Jaminan yang termasuk berupa pelaksanaan tindakan dalam kapal, bongkar muatan kapal dan juga insiden yang mungkin terjadi selama dalam kapal.

  1. Ship security officer

Selanjutnya ada ship security officer yang memiliki pengertian penanggung jawab kapal. Dalam hal ini yang mendapat sebutan tersebut adalah orang yang bertanggungjawab terhadap nakhoda kapal. Orang ini mendapatkan wewenang dan tugas dari perusahaan terkait.

  1. Port facility security officer

Istilah terakhir yang populer dalam dunia ISPS code adalah port facility security officer. Dalam hal ini pengertiannya adalah penanggung jawab dalam bidang perencanaan fasilitas perkapalan. Orang ini mendapatkan tugas dari perusahaan serta menjadi penghubung dari perwira keamanan perusahaan dan kapal.

Kriteria untuk mendapatkan ISPS Code

Perlu Anda tahu bahwa ketentuan untuk ISPS code ini tidak berlaku untuk kapal yang tidak untuk kebutuhan komersial. Bahkan hanya berlaku untuk kapal dengan kebutuhan Internasional sesuai kriteria sebagai berikut:

1. Fasilitas pelabuhan dan pelayaran Internasional

Kriteria pertama yang harus terpenuhi dalam hal jasa ISPS code terbaik adalah fasilitas pelabuhan dan pelayaran Internasional. Semuanya harus lengkap serta dalam kondisi yang baik.

Dalam hal ini negara anggota yang termasuk ke dalamnya harus melakukan perluasan. Perluasan yang terjadi dalam hal pelayanan kapal domestik luar negeri dan juga fasilitas yang sekiranya belum mencukupi.

2. MODU

Hal berikutnya yang menjadi kriteria penting adalah MODU. MODU merupakan instalasi yang berkaitan dengan drilling unit penarikan serta pengeboran lepas pantai. Pelabuhan yang menggunakan harus memiliki sarana dan prasarana yang mendukung.

3. Kapal barang

Kriteria lanjutan untuk pemenuhan kebutuhan pelayaran adalah adanya kapal barang yang mumpuni. Dalam hal ini kapal barang harus mampu menampung beban sekitar 500 ton dengan kecepatan yang tinggi.

4. Kapal untuk penumpang

Kriteria terakhir yang harus terpenuhi adalah adanya kapal penumpang dengan kecepatan yang tinggi. Kapal ini harus mampu menampung lebih dari 12 penumpang dalam perjalanannya.

Dalam penggunaan jasa ISPS code Anda perlu mengenal kriteria dan kondisi lapangan dari pelabuhannya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keefektivitasan dari ISPS code tersebut.

Baca Juga : SBNP Adalah

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

CALL / WA : 0811-8085-587 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com