Jasa Pengurusan SBNP

Jasa Pengurusan SBNP

Sarana Bantu Navigasi Pelayaran

Jasa Pengurusan SBNP ini harus diimbangi dengan penempatan yang sesuai agar fungsinya bisa berjalan dengan baik. Terlebih pengetahuan mengenai masing-masing jenis navigasi yang berguna. Anda bisa memaksimalkan penggunaan navigasi untuk memperketat keamanan yang diinginkan.

Jasa pengurusan sarana bantu navigasi pelayaran dan penempatannya

  1. Di tengah laut

Tempat pertama yang direkomendasikan untuk penempatan navigasi ini adalah di tengah laut. Dalam laut yang dalam ini terdapat sambungan kabel maupun pipa untuk penempatan pelampung suar.

Fungsinya untuk memberikan tanda atau sinyal bahwa area tersebut sangat berbahaya untuk dilalui. Pemasangan tipe navigasi dan penempatannya ini juga harus sesuai untuk memaksimalkan fungsi yang diinginkan.

Ada syarat mengenai ukuran dan kedalaman tertentu agar navigasi bisa berguna dengan baik.

  1. Pada perbatasan

Jasa sarana bantu navigasi pelayaran terpercaya bisa menempatkannya pada area perbatasan. Navigasi diletakkan pada perbatasan ini untuk mengetahui batas kepemilikan wilayah dan batas dari wilayah negara lain. Hal ini berkaitan dengan izin khusus yang harus dimiliki oleh kapal ketika melintasinya.

Dengan adanya navigasi pada area perbatasan ini maka kapal bisa mengenali batas yang tidak boleh dilewatinya. Mereka akan berputar mencari arah lain yang lebih aman untuk berlayar.

  1. Laut dangkal

Tempat berikutnya adalah penempatan navigasi pada laut dangkal. Laut dangkal harus diberikan tanda khusus ketika dilewati untuk menghindari zona bahaya yang mungkin terjadi. Navigasi pada laut dangkal yang bisa terpakai adalah bentuk pelampung suar. Pelampung ini berguna untuk menandakan area bahaya ketika kapal melewatinya.

Bahayanya dengan alasan banyak kapal yang sudah karam pada area tersebut dan menimbulkan kejadian sama untuk kapal besar yang melintas.

  1. Pintu keluar dan masuk pelabuhan

Tempat yang harus ada navigasi berikutnya adalah pada bagian pintu untuk keluar dan masuknya kapal. Umumnya navigasi yang terpasang berbentuk tanda lampu hijau dan merah agar pelayaran tidak mengalami tabrakan. Penanda ini mampu melancarkan proses lalu lintas pelayaran menjadi lebih teratur.

Tipe navigasi yang digunakan

Adapun untuk tipe navigasinya memiliki beberapa jenis khusus yang bisa terpilih sesuai fungsinya seperti ini:

1. Stasiun rambu radio

Jasa sarana bantu navigasi pelayaran terbaik pertama adalah pemasangan stasiun rambu radio. Sesuai dengan namanya, navigasi ini memanfaatkan gelombang radio dan pengantaran sinyal yang mendukung untuk tanda bahayanya.

2. Lampu suar pengarah

Navigasi kedua yang bagus adalah lampu suar pengarah. Lampu ini memiliki tiga buah sinar yang tidak sama untuk mengantarkan tipe tanda yang tersampaikan. Warnanya ada putih, merah dan hijau sesuai fungsinya masing-masing.

3. Lampu suar penuntun

Lalu lampu berikutnya ada lampu suar penuntun. Tipe lampu ini memiliki fungsi untuk penerangan tambahan sebagai bantuan bagi kapal ketika melakukan pelayaran. Umumnya ada pada menara untuk memandu kapal sesuai alur lintasannya.

4. Lampu suar spot

Selanjutnya yang juga krusial fungsinya adalah lampu suar spot. Lampu ini berada pada tingkat paling tinggi dari menaranya. Sehingga sorotan yang ada menjadi lebih jauh untuk menerangi kapal yang sudah berada pada kejauhan.

5. Rambu suar

Untuk navigasi yang satu ini berguna sebagai pengatur arus yang ada pada pelayaran agar lebih teratur. Rambu laut memberikan aba-aba kapan kapal harus berhenti dan berjalan sesuai dengan tanda rambunya.

Untuk mempermudah pengadaan navigasi ini bisa menggunakan jasa sarana bantu navigasi pelayaran.  Selain lebih terjamin proses pembuatannya juga lebih cepat lengkap dengan proses pemasangannya. Sehingga keamanan dari pelayaran bisa terjamin.

Baca Juga : SBNP Adalah

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

CALL / WA : 0811-8085-587 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com