Persyaratan SIUPKK

Persyaratan SIUPKK

Ini Dia Persyaratan SIUPKK

Ada banyak hal yang perlu Anda siapkan untuk mengurus persyaratan SIUPKK. Hal ini terkait dengan dokumen dan hal lain yang harus lengkap. Secara umum untuk penyelesaiannya membutuhkan waktu sekitar empat belas harian saja tergantung antrean. Yang terpenting adalah semua syarat jangan sampai tertinggal untuk menghemat waktu.

Daftar persyaratan SIUPKK

  1. Rekomendasi teknis

Dokumen pertama yang harus ada berupa rekomendasi teknis yang berasal dari otoritas pelabuhan terkait. Surat rekomendasi ini berisikan pernyataan terkait persetujuan, perizinan atau pemberian wewenang pada pihak terkait. Fungsi surat ini sebagai penyaring tingkat kepentingan izin dan juga kebenarannya.

  1. Lampiran tenaga ahli

Dokumen kedua yakni lampiran yang berisikan keterangan lengkap terkait tenaga ahli yang tergabung. Tenaga ahli yang termasuk ke dalamnya berupa teknis pelayaran niaga, nautis dan bidang ketatalaksanaan.  Ketiga bidang tersebut harus lengkap dan tidak boleh ada yang tertinggal.

  1. Surat kuasa

Kemudian untuk persyaratan SIUPKK terbaik ketiga berupa surat kuasa. Surat ini harus terlampir dan terbuat oleh instansi terkait. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan basah dan juga materai sesuai tahun berlakunya. Dengan begitu surat kuasa ini bisa terjamin keasliannya.

  1. Bukti modal usaha

Syarat keempat adalah dokumen yang menunjukkan bukti modal usaha. Lampirannya harus lengkap terkait rincian dan jumlah rupiah yang jelas.

  1. Dokumen pribadi

Untuk dokumen ini terdiri dari salinan atau foto kopian berwarna dari masing-masing dokumen terkait. Dokumennya berupa nomor NPWP dari perusahaan, TDP, SIUP dan SITU perusahaan. Lengkapi juga dokumen lain berupa akta notaris perusahaan terbaru dan juga KTP dari pemohon.

  1. Surat permohonan

Dokumen terakhir yang krusial adalah surat permohonan. Surat ini harus memuat isi terkait permintaan penerbitan perizinan terkait dengan lengkap. Pemohon wajib membubuhkan tanda tangan dan juga cap perusahaan basah untuk menambah keasliannya.

Alur pengurusan SIUPKK

Jika semua syarat dan dokumen untuk pengurusan sudah lengkap maka Anda bisa lanjut utuk memproses tahapnya sebagai berikut:

1. Permohonan dan pengajuan Langkah pertama dalam persyaratan SIUPKK terbaru ini adalah melakukan permohonan dan pengajuan. Anda harus mengajukan surat permohonan dan pengajuan lengkap dengan semua syarat yang ada pada pihak yang berwenang. Jangan lupa untuk memastikan semua hal sudah masuk dan tidak ada yang tertinggal.

2. Pemeriksaan berkas Setelah itu lanjut proses pemeriksaan berkas oleh petugas terkait. Prosesnya cukup panjang mulai dari kelengkapan sampai dengan keaslian berkasnya. Setelah yakin semuanya benar maka lanjut pada proses scanning dan pengiriman. Staff data akan mengupload pada aplikasi terkait.

3. Pertimbangan dan survey Selanjutnya masing-masing petugas sesuai jobdesk-nya akan meneliti terkait pertimbangan penerbitan dan juga melakukan survey. Survey bertujuan untuk mengecek perizinan yang masuk.

4. Verifikasi dan tanda tangan Proses keempat adalah tahapan verifikasi terkait semua pertimbangan dan survey yang ada. Barulah jika sudah lengkap surat akan mendapatkan tanda tangan oleh dinas terkait.

5. Pengecekan dan tindak lanjut Langkah kelima adalah proses pengecekan terhadap komitmen perizinan serta tindak lanjut dari surat yang telah terbit. Langkah ini juga termasuk dalam pemasukan sertifikat yang telah mendapatkan persetujuan.

6. Penyerahan izin

Jika semua tahapnya sudah selesai maka surat ini sudah bisa tersampaikan pada pemohon secepatnya.

Segala bentuk persyaratan SIUPKK ini harus lengkap dan tidak boleh ada yang tertinggal. Sehingga sebelum mengurusnya lebih baik membuat checklist untuk memudahkan proses pengecekan.

Baca Juga : Perbedaan SIUPAL dan SIUPKK

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com