AMDAL Pertambangan Emas

AMDAL Pertambangan Emas

Syarat Yang Harus Dipenuhi Saat Mengurus AMDAL

Persetujuan AMDAL pertambangan emas merupakan salah satu jalan Anda membangun dan mengembangkan perusahaan tambang emas menjadi lebih besar. Permasalahannya, hingga sekarang masih banyak perusahaan penghasil tambang yang tidak memahami apa itu AMDAL dan fungsinya bagi perusahaan. Akibatnya, AMDAL mereka anggap sepele.

Syarat Yang Harus Dipenuhi Saat Mengurus AMDAL Pertambangan Emas

  1. Identitas Badan Usaha atau Pemohon

Perusahaan yang berencana mengurus AMDAL tambang emas wajib mempersiapkan beberapa dokumen salah satunya keterangan identitas. Lampirkan identitas Anda (perorangan) atau milik badan usaha (perusahaan) pada dokumen permohonan.

2. Akta Pendirian Perusahaan

Lampirkan akta pendirian perusahaan tambang emas Anda. Dokumen harus sudah sah dan legal sesuai aturan hukum yang berlaku. Ada tandatangan dan bukti pengesahan dari pejabat bersangkutan.

3. Dokumen Perencanaan Usaha atau Kegiatan

Membuat dokumen yang berisi rencana usaha maupun kegiatan pertambangan emas yang perusahaan Anda lakukan. Dokumen AMDAL terdiri dari dokumen kerangka acuan, dokumen RKL-RPL dan tentu saja dokumen AMDAL.

4. Telaah Kesesuaian Tata Ruang dari Pejabat Dinas Terkait

Ada pun pejabat yang bertanggung jawab untuk bagian ini adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Oleh karenanya silahkan Anda berkoordinasi dengan pejabat setempat untuk melakukan proses telaah kesesuaian tata ruang.

5. Penjelasan Mengenai Dampak Lingkungan dan Solusinya

Dokumen AMDAL pertambangan emas terbaru tidak bisa perusahaan Anda miliki jika tidak turut melampirkan informasi lengkap mengenai dampak lingkungan. Perusahaan juga wajib membuat poin-poin tentang program pengelolaan dan monitoring dari dampak lingkungan tersebut.

Step by Step Untuk Urus AMDAL Pertambangan

  1. Seleksi

Mekanisme perolehan izin AMDAL terdiri dari beberapa tahapan salah satunya penapisan atau seleksi. Pada tahapan ini, pejabat berwenang akan menilai apakah dokumen permohonan Anda sudah memenuhi syarat penerbitan izin AMDAL.

Mereka juga akan melihat profil perusahaan Anda secara seksama guna mendapatkan keputusan layak tidaknya perusahaan tersebut memperoleh AMDAL. Perusahaan yang berhak mengurus izin AMDAL namanya secara otomatis masuk dalam daftar pengumuman peserta.

2. Pengumuman

Tahapan kedua adalah pengumuman yang menerbitkan nama-nama perusahaan tambang emas yang berhak atau wajib mengurus izin AMDAL. Apabila nama perusahaan Anda ada pada list segera siapkan diri sebaik mungkin untuk tahapan berikutnya. Bagi perusahaan yang belum lolos seleksi bisa mencobanya kembali.

3. Pelingkupan

Prosedur penerbitan AMDAL pertambangan emas ketiga adalah pelingkupan yang bertujuan untuk menentukan ruang lingkup permasalahan terkait rencana kegiatan perusahaan.  Tahapan ini mempermudah pemerintah memahami, menganalisis sekaligus mengelola dampak lingkungan yang kemungkinan terjadi pada masa mendatang.

4. Penyusunan KA-Andal

Selanjutnya adalah penyusunan KA-Andal pada Komisi Penilai AMDAL. Bagaimana kerangka dan isian dari KA-Andal bisa Anda temukan secara online atau mintalah bantuan dari jasa penerbitan AMDAL.

5. Penyusunan dan Penilaian ANDAL, RKL dan RPL

Usai menyelesaikan KA-Andal, tahapan kelima adalah penyusunan sekaligus penilaian dokumen Andal, RKL dan RPL. Apa itu RKL dan RPL? Temukan informasi lengkap tentang dokumennya agar tidak salah susun. Proses penyusunan juga harus memakai data terbaru yang valid.

6. Persetujuan Kelayakan Lingkungan

Tahapan terakhir adalah keputusan persetujuan kelayakan lingkungan yang pemerintah berikan atas nama perusahaan Anda. Pejabat yang berwenang untuk menerbitkan AMDAL antara lain adalah Bupati, Gubernur, Walikota dan Menteri.

Proses penerbitan AMDAL memang cukup kompleks hingga membutuhkan waktu yang sangat lama. Pelajari tahapan dan persyaratan AMDAL selangkah demi selangkah agar tidak melakukan kesalahan sepele. Bila ingin lebih mudah, sewa saja jasa pengurusan AMDAL pertambangan emas yang terbukti berpengalaman pada penerbitan izin ini.

Baca Juga : RKAB Pertambangan

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com