Jasa Pengurusan SLO

Jasa Pengurusan SLO

Ini Dia Jasa Pengurusan SLO

Mengurus Sertifikan Laik Operasi kini bisa lebih mudah serta praktis dengan adanya layanan jasa pengurusan SLO. Ketika membangun rumah maupun jenis bangunan lainnya, Anda tentunya memerlukan pasokan listrik dengan kapasitas tertentu.

Untuk memperoleh pasokan listrik, maka wajib membuat instalasi secara tepat. Pemasangan instalasi secara benar dan dengan berbagai pertimbangan keselamatan serta keamanan akan meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan.

Dengan instalasi yang baik dan benar, Anda dapat mengajukan permohonan sambungan listrik kepada Perusahaan Listrik Negara atau PLN. Akan tetapi mendapatkan aliran listrik untuk sebuah bangunan tidak bisa instan.

Anda memerlukan pengajuan terlebih dahulu dengan persyaratan khusus, yakni harus bisa menunjukkan kepemilikan SLO. Lantas, apa sebenarnya arti dari SLO? Berikut ini kami akan memberikan sejumlah informasi penting terkait hal tersebut.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu SLO

SLO merupakan singkatan dari Sertifikan Laik Operasi, yaitu sertifikat yang menyatakan bahwa instalasi kelistrikan pada sebuah bangunan sudah memenuhi standar keselamatan serta keamanan.

Dengan demikian, bangun tersebut bisa memperoleh sambungan listrik. Sertifikat ini sendiri hanya bisa diterbitkan oleh pihak khusus saja, yakni Lembaga Inspeksi Teknik. Lembaga tersebut bertugas melakukan pemeriksaan secara komprehensif terhadap sebuah instalasi listrik pada bangunan atau gedung.

Pemerintah menunjuk langsung Lembaga Inspeksi Teknik yang memiliki wewenang untuk menerbitkan SLO tersebut. Jika sudah mendapatkan sertifikat tersebut, maka seseorang bisa mengajukan permintaan aliran listrik pada bangunannya.

Saat ini, pemerintah telah menunjuk lima Lembaga Inspeksi Teknik (LIT). Kelima LIT tersebut antara lain Jasa Kelistrikan Indonesia, PPILN, Konsuil, Jaserindo, serta Serkolinas. Pengajuan SLO untuk listrik tegangan rendah bisa melalui kelima LIT tersebut.

Alasan Mengapa Pengajuan SLO Penting

Jasa pengurusan SLO kini semakin banyak, yang mana ini berarti bahwa pengajuan sertifikat tersebut memang sangat penting. Untuk melakukan permohonan sambungan tegangan listrik kepada PLN, Anda harus memiliki sertifikat tersebut.

PLN yang mempunyai wewenang dalam memberikan akses sumber daya kelistrikan pada bangunan seperti rumah, sekolah, kantor, atau sebagainya tentu tidak mau mengambil risiko. Maka dari itu, Anda perlu meyakinkannya dengan menunjukkan SLO. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa instalasi yang terpasang pada bangunan milik Anda sudah aman.

Dengan demikian, bahaya kecelakaan yang berhubungan dengan kelistrikan seperti kebakaran akibat hubungan arus pendek bisa terhindarkan.

Prosedur Memperoleh Sertifikat Laik Operasi (SLO)

Sebelum mengajukan sertifikat ini, tentu Anda perlu mengetahui bagaimana prosedurnya. Jika pemasangan listrik untuk rumah maupun jenis bangunan lainnya sudah selesai, Anda perlu mengajukan inspeksi kelaikan kepada satu dari lima LIT.

Apabila instalasi sudah sesuai dengan standar keamanan serta keselamatan kelistrikan, maka LIT akan menerbitkan SLO untuk Anda. Sehingga dapat digunakan untuk memohon tegangan listrik kepada PLN.

Untuk itu, pastikan bahwa instalasi telah terpasang dengan benar. Ada baiknya Anda menyewa jasa pemasangan listrik profesional sehingga tidak perlu khawatir saat LIT melakukan pemeriksaan kelaikan operasi.

Mengenal Pentingnya Jasa Pengurusan SLO

Pengajuan SLO terkadang menyulitkan pemilik bangunan karena menyita waktu serta tenaga tersendiri. Itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkan jasa yang dapat mengurus pengajuan sertifikat tersebut.

Biasanya, jika membuat instalasi listrik dengan menyewa tukang bangunan, pemilik perlu mengajukan sertifikat ini secara mandiri. Sehingga terkadang menemui kesulitan dan berakibat sulit mendapat pasokan listrik.

Akan tetapi, instalatir profesional biasanya sudah memahami prosedur tersebut sehingga mereka juga memasukkan layanan pengajuan sertifikat ini saat Anda menyewa tenaga mereka.

Pasokan listrik sangat penting karena dapat mendukung berbagai aktivitas seperti pekerjaan rumah, kantor, dan sebagainya. Jasa pengurusan SLO dapat Anda manfaatkan agar lebih praktis dalam mengajukan aliran listrik.

Baca Juga : SBNP Adalah

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

CALL / WA : 0811-8085-587 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com