SBNP adalah

SBNP adalah

Pengertian SBNP

SBNP adalah salah satu hal yang paling penting di negara Indonesia mengingat wilayahnya sebagai wilayah maritim. Bukan hanya di darat namun laut juga memiliki jalur komunikasi yang disebut dengan pelayaran. Lalu lintas pelayaran ini berguna menghubungkan satu pulau ke pulau lainnya menjadi lebih mudah.

Pengertian SBNP adalah beserta pendukungnya

  1. Pengaturan alur dan lintasan

Untuk mendukung pengadaan navigasi yang sesuai maka penting adanya pengaturan alur dan lintasan seperti di bawah ini:

    • Aspek keamanan

Hal penting pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai aspek keamanannya yakni alur yang digunakan harus terhindar dari hambatan. Hambatan yang dimaksud adalah berupa karang, pulau kecil atau dangkalan yang mengganggu.

    • Petunjuk alur yang sesuai

SBNP adalah dan fungsi berikutnya untuk mendapatkan petunjuk alur yang sesuai dengan lintasannya. Lintasannya sudah diatur menggunakan peta laut dan petunjuk khusus yang dibuat oleh instansi bersangkutan. Dengan begitu lalu lintas pelayaran tetap aman terkendali.

    • Pengadaan kapal asing

Hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah mengenai adanya kapal asing yang melintas. Posisi Indonesia dalam ranah Pasifik memang strategis yakni melintasi Benua Australia dan Asia sehingga banyak muncul kapal asing. Mereka melintas dengan tujuan memotong rute sehingga tidak bisa dicegah.

  1. Dukungan teknologi dan informasi terkait

Selanjutnya untuk memperlancar adanya navigasi pelayaran juga harus mendapat dukungan dari teknologi dan informasi terkait. Adapun fungsi dari kedua hal ini adalah sebagai berikut:

    • Lebih efektif dan cepat

Fungsi dari adanya teknologi dan informasi untuk navigasi adalah memberikan transportasi laut yang lebih aman, teratur dan cepat. Sehingga jumlah transportasi dan teknologi yang mendukung harus seimbang agar keduanya berjalan dengan lancar.

    • Pemantauan laut lebih baik

Saat ini teknologi untuk pelayaran juga semakin berkembang, salah satunya adalah VTIS. Alat ini berguna untuk mempermudah manusia dalam mengamati kondisi keamanan laut selama melintas di area tersebut.

    • Identitas kapal

Kapal juga sudah dilengkapi dengan AIS yang fungsinya untuk mengidentifikasi keberadaan kapal dan juga menjadi cirinya. Sehingga ketika dalam kondisi darurat bisa segera mendapatkan pertolongan.

Cara menjaga SBNP

Selain beberapa hal di atas penyebaran SBNP dalam lintas pelayaran juga harus melalui eksekusi yang benar. Salah satu alasan utamanya adalah SBNP berguna sebagai faktor keselamatan bagi kapal dan penumpang yang sedang berlayar. Adapun cara untuk menjaga keawetan dari SBNP bisa dilihat di bawah ini:

  1. Melakukan perawatan dan pengecekan

Mengenal SBNP adalah mengetahui bagaimana cara mengoperasikan dan juga bagaimana merawat agar tetap sesuai dengan fungsinya. SBNP agar tetap berjalan sesuai fungsinya juga harus dirawat dan dicek secara berkala mengenai kondisinya. Pengecekan ini mulai dari tampilan fisik dan juga kinerjanya. Terutama jika kapal sedang bersiap untuk berangkat maka hal terpenting adalah mengecek mesin dan SBNP. Jika tidak seperti biasanya lebih baik dilakukan servis terlebih dahulu.

  1. Melakukan sosialisasi

Selain pengecekan, penting juga pengadaan sosialisasi terkait dengan penggunaan dan penyimpanan SBNP yang benar. Langkah ini menunjang keawetan dari SBNP yang krusial ini untuk menambah kenyamanan selama berlayar. Sosialisasi ini juga terkait dengan tata cara penggunaan SBNP dan keselamatannya.

SBNP adalah sistem navigasi yang fungsinya untuk memantau keselamatan kapal selama berlayar. Agar kondisinya tetap berfungsi dengan baik maka selain mengetahui cara penggunaan yang sesuai juga harus diimbangi dengan penjagaan. Jadi tingkat keawetannya bisa terjaga dengan baik seperti sedia kala.

Baca Juga : SBNP Adalah

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com