Jasa Pengurusan IMB

Jasa Pengurusan IMB

Izin Pengurusan IMB

Keberadaan jasa pengurusan IMB dapat memudahkan Anda dalam memperoleh izin untuk membangun gedung. Ketika ingin membangun sebuah bangunan baik itu untuk tempat tinggal ataupun usaha, maka Anda wajib mempunyai IMB.

IMB sendiri merupakan singkatan dari Izin Mendirikan Bangunan. Ini adalah sebuah dokumen yang menjadi bukti bahwa seseorang telah memiliki izin untuk membangun sebuah gedung, baik itu untuk tempat tinggal ataupun lainnya.

Selain tempat tinggal, IMB juga wajib dalam pembangunan gedung perkantoran, tempat usaha, rumah ibadah, serta jenis bangunan lainnya.

Tanpa memiliki dokumen satu ini, pemilik bangunan bisa saja mengalami masalah ke depannya. Maka dari itu, Anda wajib mengurus dokumen ini sebelum mengeksekusi pembangunan gedung tersebut.

Kali ini kami akan memberikan informasi bagaimana cara pengajuan IMB agar nantinya tidak terjadi masalah yang mengganggu.

Cara Mengurus IMB dan Persyaratannya

Pemilik gedung bisa mengurus permohonan Izin Mendirikan Bangunan secara mandiri maupun melalui jasa pengurusan IMB. Apabila Anda ingin mengurusnya sendiri, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Pertama, Anda perlu mengambil formulir pengurusan dokumen ini ke Dinas Pekerjaan Umum atau PU pada wilayah masing-masing. Setelah mengisi formulir tersebut secara lengkap, selanjutnya pemohon harus menandatanganinya di atas materai.

Kemudian pemohon perlu mendapatkan legalisir dari kelurahan serta kecamatan tempat mendirikan bangunan sesuai rencana. Selain formulir, pemohon juga harus melengkapi beberapa persyaratan dokumen sesuai aturan berlaku.

Beberapa syarat dokumennya antara lain gambar denah yang meliputi site plan, pondasi, atap, serta gambar tampaknya. Pemohon juga perlu melampirkan gambar konstruksi beton dan juga baja lengkap beserta perhitungannya.

Perlu juga melampirkan hasil penyelidikan dan juga pengujian mekanikan tanah apabila pemohon berencana mendirikan bangunan bertingkat seperti perkantoran, ruko, rumah susun, atau lainnya.

Pemohon juga harus melampirkan sertifikat HM atau HGB. Jika mengurus pengajuan dokumen ini tanpa jasa tertentu, kemungkinan memang akan lebih sulit. Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda menyewa jasa pihak ketiga dalam mengurus dokumen ini supaya lebih praktis.

Keuntungan Memiliki IMB Lewat Jasa Pengurusan IMB

Gedung yang tidak ber-IMB biasanya lebih rentan terhadap berbagai permasalahan yang justru menyulitkan pemiliknya sendiri. Lain halnya apabila Anda mempunyai tempat tinggal atau jenis bangunan lainnya yang telah memiliki IMB.

Ada berbagai keuntungan jika suatu bangunan telah memiliki dokumen perizinan tersebut. Berikut ini beberapa keunggulan bangunan ber-IMB yang perlu Anda ketahui.

  1. Nilai Jual Lebih Tinggi

Rumah yang telah memiliki dokumen Izin Mendirikan Bangunan terbukti memiliki nilai jual lebih tinggi. Bandingkan dengan tempat tinggal yang tidak memiliki dokumen tersebut, maka harga pasarannya lebih rendah. Sama halnya dengan bangunan lain seperti ruko maupun tempat untuk menjalankan bisnis tertentu. Untuk itu, sebaiknya jangan menganggap remeh dokumen satu ini.

  1. Jaminan Mengajukan Kredit Bank

Membangun gedung untuk tempat tinggal ataupun non tempat tinggal tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, sebagian orang perlu mengajukan pinjaman ke bank. Dengan adanya dokumen perizinan ini, Anda dapat memperoleh kredit dari bank guna meneruskan pembangunan. Karena biasanya lembaga perbankan meminta dokumen ini sebagai syarat untuk mengajukan kredit atau pendanaan.

  1. Informasi Peruntukan serta Rencana Jalan

Saat pemohon mengajukan perizinan ini, tentunya pemerintah dalam hal ini adalah PU akan meninjau apakah bangunan tersebut sudah sesuai standar berdasarkan peruntukannya.

Selain itu, informasi rencana pembangunan jalan Anda ketahui. Bayangkan jika rumah yang sudah berdiri ternyata sebagian areanya akan terkena pelebaran jalan.

Ini tentunya sangat merugikan pemilik. Berbeda jika mengajukan IMB karena akan mendapatkan informasi tentang tempat rencana pembangunan.

Beberapa keuntungan tersebut sebaiknya perlu menjadi pertimbangan penting agar tidak menyepelekan pengurusan izin ini. Agar proses pengajuannya cepat dan mudah, Anda dapat menggunakan jasa pengurusan IMB.

Baca Juga : Izin Bahan Peledak

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

CALL / WA : 0811-8085-587 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com