Jasa Kepengurusan SKA

Jasa Kepengurusan SKA

Kepengurusan SKA

Jasa kepengurusan SKA terkadang akan berguna bagi Anda yang hendak mengajukan sertifikat tersebut. SKA sendiri merupakan singkatan dari Surat Keahlian Kerja. Jika Anda bekerja pada bidang konstruksi maupun konsultan, maka sertifikat ini penting.

Konstruksi serta jasa konsultan bidang tersebut merupakan salah satu dari banyak bidang yang banyak dicari. Pekerjaan tersebut akan berkutat dan mengurusi berbagai proyek pembangunan serta konstruksi. Misalnya seperti pembangunan rumah tinggal, apartemen, perkantoran, hotel, maupun berbagai konstruksi lainnya.

Pekerjaan tersebut tentunya memiliki risiko dalam proses pelaksanaannya. Maka dari itu harus mempekerjakan orang-orang handal dan kompeten. Cara agar mengetahui apakah tenaga pada suatu perusahaan kontraktor atau jasa konsultan berkompeten yaitu apabila mempunyai sertifikat keahlian. Untuk memilikinya, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan.

Mengenal Apa Itu Pengertian SKA

SKA alias Sertifikat keahlian kerja yaitu sebuah dokumen yang menyatakan bahwa seseorang telah memenuhi semua persyaratan sertifikasi. Persyaratan tersebut yakni berdasar pada bidang, keahlian, serta disiplin ilmu. Surat tersebut adalah senjata penting bagi para pekerja kontraktor maupun bidang jasa konsultan.

Sebab ini adalah bukti seorang pekerja berkompeten serta ahli sesuai bidangnya. Sementara pihak yang berwenang menerbitkan dokumen ini yaitu Lembaga Pengemban Jasa Konstruksi alias LPJK. Pemerintah menunjuk langsung lembaga tersebut guna melakukan sertifikasi bagi para pekerja kontraktor sesuai keahliannya masing-masing.

Sedangkan pengajuan sertifikat ini bisa secara mandiri maupun lewat jasa pengurusan SKA. Sertifikat ini juga penting bagi perusahaan kontraktor agar memenuhi persyaratan dalam mengerjakan proyek. Maka, pekerja yang memiliki dokumen ini banyak dibutuhkan.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Mengajukan SKA

Untuk mendapatkan dokumen ini, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan yang meliputi beberapa dokumen khusus. Persyaratan tersebut antara lain salinan ijazah yang sudah berlegalisir asli dari instansi pendidikan penerbit ijazah tersebut.

Syarat lain yaitu melampirkan salinan identitas berupa KTP pemohon, daftar pengalaman kerja yang relevan dengan pengajuan sertifikasi, salinan NPWP milik pemohon (perorangan). Pemohon juga harus melampirkan keterangan kebenaran. Sementara itu, SKA sendiri terbagi menjadi 3 tingkat yaitu ahli utama, ahli madya, serta ahli muda.

Ketiganya berbeda menurut kualifikasi serta lama pengalaman kerja pada masing-masing bidang. SKA ahli muda adalah sertifikat bagi tenaga yang terbilang masih baru. Syarat pengajuannya yaitu minimal memiliki gelar D3 teknik serta pengalaman kerja sekurang-kurangnya lima tahun.

Sedangkan yang bergelar sarjana teknik minimal bekerja 1 tahun. Syarat pengajuan ahli madya yaitu apabila bergelar sarjana teknik (S1) dengan pengalaman kerja paling sedikit tujuh tahun. Sedangkan tenaga bergelar S2 teknik, minimal masa kerjanya dua tahun.

Pengajuan sertifikat ahli utama syaratnya yaitu bergelar sarjana teknik dan telah bekerja minimal 12 tahun. Sementara tenaga bergelar magister teknik, minimal pengalaman kerjanya yaitu 5 tahun.

Pentingnya Mengajukan SKA Melalui Jasa Pengurusan SKA

Mengajukan Sertifikat Keahlian Kerja sangat penting bagi para pekerja bidang kontraktor maupun konsultan karena menjadi bukti keahlian sesuai bidang masing-masing. Jika memiliki sertifikat ini, maka keahlian Anda memiliki legalitas tersendiri.

Di samping itu, pengajuan Sertifikat Keahlian ini juga penting bagi perusahaan untuk dapat menerima tender atau proyek konstruksi dengan nilai tertentu. Perusahaan kontraktor dengan kualifikasi M1 memerlukan 2 pekerja ber-SKA ahli muda.

Dengan rincian satu orang bertindak sebagai Penanggung Jawab Teknik sementara lainnya menjadi Penanggung Jawab Bidang. Ini juga berlaku untuk perusahaan konsultan baik dengan kualifikasi K1, K2, maupun K3.

Mengurus pengajuan sertifikat ini terkadang cukup sulit karena harus melalui proses tersendiri. Namun Anda bisa mengajukannya secara lebih mudah serta praktis dengan bantuan jasa pengurusan SKA.

Baca Juga : Izin Bahan Peledak

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

CALL / WA : 0811-8085-587 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com