Izin Bahan Peledak

Izin Bahan Peledak

Perizinan Bahan Peledak

Dalam penggunaan izin bahan peledak tidak bisa sembarangan langsung pakai. Anda harus mengetahui beberapa syarat cara pengurusan izin sesuai prosedur yang ada. Terlebih jika bentuk dari bahan peledaknya berbeda tentu aturan yang mengikatnya juga berbeda. Anda juga harus mempertimbangkan efek reaksi dari masing-masing bahan peledak yang ada.

Syarat mengurus izin bahan peledak

  1. Syarat teknis

Pertama yang harus ada dalam perizinan bahan peledak adalah syarat teknis. Syarat ini bisa lengkap dengan memperhatikan koordinasi rapat dari tim yang bertugas untuk mengawasi penggunaan bahan peledak. Anda harus memastikan semua syarat teknis ini lengkap untuk menuju syarat berikutnya.

  1. Surat kelayakan

Izin bahan peledak terbaru ini juga harus melengkapi surat kelayakan. Izin ini menyangkut dampaknya terhadap lingkungan dan juga ketentuan yang mengikat. Peledak dalam pemakaiannya juga harus memperhatikan beberapa hal penting mengenai dosis yang aman untuk lingkungan.

  1. Penggunaan tenaga ahli dalam peledakan

Kemudian syarat ketiga adalah mengenai penggunaan tenaga ahli dalam peledakannya. Yang berwenang untuk mengurus distribusi dari bahan peledak ini adalah orang yang ahli dalam penyimpanan dan pergudangan bahan peledak. Hal ini untuk menjaga keamanan dari bahan peledak sampai penggunaannya.

  1. Bukti kepemilikan penguasaan gudang

Syarat ini berisikan beberapa kriteria penting mengenai bukti kepemilikan dari penguasaan gudang yang memenuhi syarat. Semuanya harus ada mengenai syarat administrasi untuk penyimpanan bahan peledak. Syarat lain yang harus terlampir adalah teknis dan penyelenggaraan akomodasi pergudangan.

  1. Lampiran NPWP

Anda juga harus menyediakan nomor wajib pajak dan bukti pembayaran pajak selama tiga tahun terakhir. Bukti pembayaran pajak ini sebagai penguat bahwa Anda selalu memenuhi kewajiban dan juga kemampuan untuk menyelesaikannya.

  1. Surat izin perdagangan

Syarat keenam adalah melampirkan surat perizinan pembukaan usaha perdagangan lengkap dengan instansi yang mengeluarkannya.

  1. Badan perseroan yang bertugas

Yang boleh menggunakan bahan peledak ini adalah badan perseroan atau badan hukum yang berwenang.

Cara mengurus perizinan surat

Setelah semua syarat untuk perizinan bahan peledak sudah lengkap maka berikutnya Anda bisa menjalani proses pengurusannya sebagai berikut:

  • Pengajuan

Langkah pertama untuk mengurus izin bahan peledak terbaik ini adalah dengan pengajuan dan permohonan. Permohonan izin yang ada harus tertuju pada pergudangan menteri dan pertahanan terkait dengan penggunaan bahan peledak. Lampirkan semua syarat yang sudah ada pada proses permohonannya agar lebih cepat.

  • Peninjauan

Setelah permohonan diterima semua berkasnya maka langkah berikutnya adalah melalui proses peninjauan oleh petugas. Semua berkas dan permohonan akan mengalami pengawasan dan yang ketat sampai terbitnya sebuah berita acara. penelaahan

  • Pengawasan

Tim pengawas akan menuangkan semua hal yang mereka dapatkan dari syarat dan permohonan yang sudah masuk. Penerimaan dan penolakan yang terjadi nantinya akan masuk ke dalam berita acara yang akan diumumkan.

  • Pengantaran rekomendasi

Berita acara ini nantinya akan melalui proses rekomendasi menuju menteri pertahanan. Namun hanya berita acara yang memuat kelayakan saja yang akan masuk ke dalam daftar rekomendasinya.

  • Peninjauan

Melalui proses rekomendasi ini nantinya menteri akan memberikan persetujuan melalui surat izinnya jika memenuhi syarat yang berlaku. Namun jika setelah peninjauan ternyata tidak sesuai maka permintaan akan mengalami penolakan.

Izin bahan peledak ini memang membutuhkan waktu yang lama namun izin ini mampu melindungi keselamatan dan juga usahanya. Itulah mengapa Anda harus memenuhi syarat dan ketentuannya jauh-jauh hari.

Baca Juga : Jasa IPPKH

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

 

Email : info@ahliperizinan.com