Jasa Pengurusan SKUP

Jasa Pengurusan SKUP

 

Sebuah perusahaan bergerak pada bidang Migas, baik konstruksi maupun non konstruksi, bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pengurusan SKUP. Jasa tersebut akan membantu pemilik usaha mengurusi keseluruhan berkas hingga terbit SKUPnya.

SKUP sendiri adalah sebuah surat bukti tanda bahwa bidang usaha tersebut memiliki kompetensi dalam menjalankan berbagai kegiatan pada sektor migas. Sehingga dengan memiliki surat tersebut menunjukkan bahwa badan usaha Anda kapabel dan kredibel.

Pengurusannya sendiri sebenarnya tidak begitu sulit, karena pemerintah sudah memberikan berbagai kemudahan. Seperti melakukan pengunggahan secara online. Namun terkadang ada beberapa persiapan yang membuat proses pengurusannya terasa rumit.

Kapan Perlu Menggunakan Jasa Pengurusan SKUP?

Tentunya muncul pertanyaan apabila sudah terdapat berbagai kemudahan dalam mengurus atau mengajukan SKUPnya, mengapa masih harus menggunakan jasa. Ada beberapa hal yang dapat menjawabnya, mulai dari persiapan berkasnya dan faktor lainnya.

1.      Masih Awam Prosedur Pengajuannya

Sebagai sebuah badan usaha baru, terdapat potensi masih awam terhadap aturan atau prosedur pengurusannya. Apabila mempelajari sendiri tentunya memerlukan konsentrasi serta waktu lumayan lama. sehingga kurang efisien apabila harus diurus sendiri.

Salah satu tipsnya adalah dengan menggunakan jasa pengurusan, karena biasanya tidak hanya membantu mengurus saja. Tetapi juga memberikan fasilitas berkonsultasi atau berdiskusi. Dengan demikian, cobalah menggunakan jasanya sambil mempelajari prosedurnya.

2.      Persiapan Dokumennya Lumayan Lama

Ada banyak dokumen untuk memenuhi persiapannya, mulai dari dokumen perusahaan hingga tenaga kerjanya. Badan usaha harus memeriksa terlebih dahulu kelengkapan dokumennya serta memastikan sudah memenuhi kualifikasi sesuai persyaratan.

Proses tersebut memerlukan waktu cukup lama, terlebih harus fokus serta memiliki acuan dalam menilai kesesuaian dokumennya. Langkah paling cepat serta mudah adalah dengan memanfaatkan jasa, sehingga potensi lolosnya semakin besar.

3.      Penyesuaian dengan Persyaratan Pengajuannya

Salah satu syarat lolosnya pengajuan adalah memiliki bidang serta sub bidang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Terkadang badan usaha memiliki bentuk bervariasi, sehingga untuk mampu memenuhi persyaratannya, perlu melakukan penyesuaian secara administrasi.

Untuk mampu melakukan penyesuaian secara tepat, kami menyarankan berkonsultasi dengan orang ahli. Salah satunya adalah konsultan SKUP, sehingga antara visi badan usaha dengan persyaratan administrasinya bisa sejalan dan pengurusannya bisa lancar.

4.      Sudah Beberapa Kali Mengajukan Tetapi Tidak Lolos

Sangat memungkinkan bahwa pengajuan yang masuk tidak semuanya lolos seleksi, sehingga suratnya tidak akan terbit. Terdapat beberapa sebab, salah satunya adalah kelengkapan administrasi atau beberapa komponen dinyatakan kurang relevan.

Tentunya untuk mempercepat proses serta mengidentifikasi kesalahan pengajuan sebelumnya ada baiknya menggunakan jasa yang telah berpengalaman mengurusinya. Sehingga tidak sampai mengalami perbaikan atau pengembalian persyaratan.

Bagaimana Prosedur Mengajukannya?

Langkah pertama ketika mengurus menggunakan sebuah jasa adalah memilih jasanya terlebih dahulu. Pastikan menawarkan layanan terbaik, mulai dari konsultasi, pelaporan, pendampingan, serta menyelesaikan seluruhnya hingga tuntas.

Pemilihan jasanya juga harus kredibel, ditunjukkan dari adanya review atau ulasan dengan nilai baik. selain itu juga bisa memperhatikan komitmen serta kesungguhannya dalam menawarkan jasanya melalui proses komunikasi serta negosiasi awal.

Langkah kedua adalah mendiskusikan kelengkapan administrasi serta berbagai berkasnya, terutama apabila ada penyesuaian terhadap badan usahanya. Selanjutnya tinggal mencari solusi apabila terdapat beberapa komponen yang sepertinya belum memenuhi persyaratan.

Langkah ketiga melakukan pengunggahan menuju portal pengajuan SKUPnya, menunggu hingga proses verifikasi selesai dan terdapat survei. Apabila proses selesai, segeralah menyelesaikan segala urusan dengan penyedia jasanya.

Sektor Migas memang menjadi salah satu bidang paling penting bagi Indonesia, mulai dari sumber energi hingga penyumbang pemasukan terbesar. Apabila hendak terjun dalam bidang migas, harus mempertimbangkan menggunakan jasa pengurusan SKUP.

Baca Juga : Izin Bahan Peledak

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

CALL / WA : 0811-8085-587 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com