Contoh RKAB

Contoh RKAB

 

Contoh RKAB

Pemerintah telah mengeluarkan beberapa regulasi dan contoh RKAB untuk perusahaan pertambangan. Rencana Kerja dan Anggaran Belanja jadi salah satu laporan yang perlu perusahaan laporkan pada periode waktu tertentu.

Namun, beberapa korporasi tidak memahami aturan dari laporan tersebut. Badan hukum yang perusahaan miliki juga tidak selamanya jadi jawaban pasti. Itulah mengapa pemerintah juga mengeluarkan format untuk pengurusan RKAB.

Secara teknis, Rencana Kerja dan Anggaran Belanja bisa perusahaan pahami dalam beberapa bagian. Setidaknya, dengan adanya format atau contoh ini maka korporasi mampu menyelesaikan dokumen RKAB dengan benar.

Contoh RKAB Dalam Aturan Khusus

Pemerintah melalui Kementerian ESDM telah merilis aturan terkait RKAB. Dalam Kepmen ESDM No. 1086 K/30/MEM/2018, pemerintah mengeluarkan aturan khusus serta format dalam pembuatan Rencana Kerja dan Anggaran Belanja korporasi.

Dalam aturan tersebut, ada 6 poin penting yang perlu korporasi perhatikan. Sedangkan untuk contoh pembuatan RKAB berada pada poin pertama. Poin ini membahas tentang format penyusunan RKAB.

Format tersebut juga terbagi dalam beberapa sub-poin lainnya. Hal tersebut karena perusahaan pertambangan memiliki beberapa peran. Oleh sebab itulah format yang pemerintah berikan juga sedikit memiliki perbedaan.

Format Penyusunan RKAB untuk IUP/IUPK Eksplorasi

Dalam format ini, bentuk Rencana Kerja dan Anggaran Belanja telah tersedia secara jelas. Pada bagian awal berisi tentang ringkasan awal (executive summary, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dan lampiran).

Selanjutnya, bagian BAB 1 ada Pendahuluan yang berisi tentang latar belakang korporasi (profil hingga struktur organisasi korporasi). Selanjutnya perusahaan juga harus melengkapi legalitas yang juga telah ada pada lampiran.

BAB 2 berisi tentang Persetujuan dan Realisasi RKAB Tahun N-1 Serta RKAB Tahun N. pada BAB kedua, ada beberapa kelengkapan yang perlu terpenuhi (kegiatan eksplorasi, perlindungan lingkungan, hingga keselamatan pertambangan).

BAB 3 berisi tentang Rencana Strategis 5 Tahun dari pemohon. Untuk format dari penulisan laporan ini telah pemerintah sediakan pada Kepmen ESDM No. 1086 K/30/MEM/2018 matrik 21.

Terakhir, pemohon juga perlu melampirkan dokumen tambahan. Lampiran ini harus ada untuk mendukung pengajuan dari pemohon. Isinya antara lain adalah SK Tahapan Kegiatan hingga Peta Rencana Reklamasi dan Pemantauan Lingkungan.

Format Penyusunan RKAB untuk IUP/IUPK Operasi Produksi

Dalam contoh RKAB ini, pemerintah telah membagi beberapa format. Hal ini untuk menyesuaikan jenis pertambangan yang perusahaan lakukan. Namun, dari segi format tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh.

  1. Komoditas mineral logam

Pada dasarnya, semua format pengajuan RKAB memiliki kesamaan. Namun, ada perbedaan dari jenis komoditas yang perusahaan hasilkan. Oleh sebab itulah format yang perlu dilampirkan juga berbeda-beda.

  1. Komoditas mineral non logam

Format pengajuan secara umum memiliki kesamaan dengan RKAB lainnya. Namun, format pada setiap sub-bab memiliki perbedaan. Hal ini karena isi dokumen juga berbeda dengan format komoditas mineral logam

Format Penyusunan RKAB untuk IUP/IUPK Pengolahan/Pemurnian

Segala bentuk format yang perlu korporasi berikan sama dengan penyusunan RKAB lainnya. Namun, format lampiran pada setiap sub-bab juga berbeda, termasuk keterangan pada setiap komoditas pertambangan.

Perlu dipahami bahwa korporasi memiliki fokus pada jenis pertambangan tertentu. Beberapa adalah komoditas mineral logam, non logam, hingga komoditas batubara. Itulah yang menjadikan penyusunan RKAB membutuhkan banyak dokumen sekaligus.

Penyusunan ini juga membutuhkan waktu lama dan biaya cukup besar. Namun, hal paling penting dalam penyusunan ini adalah transparansi dari dokumen dari korporasi.

Untuk contoh lebih lengkap, bisa melihatnya dalam Kepmen ESDM No. 1086 K/30/MEM/2018. Dalam aturan tersebut, bukan hanya contoh RKAB saja, tapi juga ada penyusunan dokumen turunannya.

Baca Juga : Modi Minerba

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com