IPLC Kota Bandung

IPLC Kota Bandung

IPLC Kota Bandung

Penanganan terkait limbah cair tentu sudah teratur sedemikian rupa seperti yang ada pada IPLC kota Bandung. Limbah cair menjadi salah satu faktor penting yang menimbulkan masalah jika tidak tertangani dengan baik. Jadi perlu adanya pengurusan dan juga SOP yang benar terkait pengalirannya.

Proses Pengurusan IPLC Kota Bandung

  1. Proses izin awal

Langkah pertama yang terjadi untuk proses perizinan adalah dengan memasukkan izin untuk pembuangan limbahnya. Anda harus mengisi segala bentuk kebutuhan terkait pengisian formulir sampai dengan memasukkan semua syarat. Pastikan semua syarat dan ketentuannya sudah lengkap untuk menghemat waktu.

  1. Penilaian

Langkah kedua untuk pengurusan pada IPLC kota Bandung terupdate adalah proses penilaian. Proses ini merupakan tanggung jawab dari petugas untuk mengecek kelengkapan berkas dan syaratnya. Dokumen yang sudah lengkap bisa lanjut ke tahap berikutnya.  Namun jika tidak lengkap bisa melalui tahap revisi.

  1. Verifikasi

Setelah melalui proses penilaian dan juga revisi maka berkas akan masuk pada tahap verifikasi. Dalam hal ini petugas akan mengecek sah tidaknya dokumen dan juga segala macam pernyataan yang ada. Jika masih ada yang salah pemohon bisa melakukan revisi terlebih dahulu. Kemudian baru bisa lanjut ke tahap berikutnya.

  1. Pembuatan draft SK

Selanjutnya jika sudah lolos tahap verifikasi maka petugas bisa langsung menyusun draft untuk SK. Dalam pembuatan draft ini antara pemohon dan petugas bisa saling komunikasi untuk mengecek kebenaran datanya. Jika sudah lengkap maka draft-nya bisa ter verifikasi oleh badan hukum yang berwenang.

  1. Pengesahan SK

Draft yang sudah sah dan benar selanjutnya bisa lanjut pada tahap berikutnya yakni proses pengesahan. Jika sudah pada tahap ini maka tidak akan ada revisi lagi dan SK sudah bisa menjadi milik pemohon. Pemohon akan mendapat kabar khusus jika memang sudah bisa terambil.

Keperluan administratif untuk izin per limbahan

Selain mengenal alur pengurusan perizinan tersebut Anda jangan lupa untuk melengkapi syarat administratif yang menjadi pokok penting sebagai berikut:

  1. Surat pernyataan

Syarat pertama untuk IPLC kota Bandung terbaru berupa surat pernyataan. Ada dua macam surat pernyataan yang harus terlampir yakni surat pernyataan kesanggupan dan bebas dari sengketa.

  1. Salinan dokumen penting

Syarat kedua yang harus masuk berupa salinan dari dokumen seperti SIPA, izin lingkungan, UUG, izin lokasi, IMB dan izin usaha. Lengkapi dengan salinan dari akte perusahaan terkait pendiriannya.

  1. Rekap dan diagram

Syarat berikutnya adalah lampiran yang berisikan rekapitulasi terkait pencatatan debit dan pemakaian air tanah. Kemudian lampirkan juga diagram mengenai alir proses produksinya. Terakhir terkait neraca aktual lengkap dengan desainnya.

  1. SOP

Syarat keempat adalah lampiran terkait SOP penting mengenai penanganan kondisi darurat dan IPAL serta susunan terkait.

  1. Analisa dan daftar bahan baku

Syarat kelima adalah hasil dari analisa penting terkait pemantauan yang telah terjadi selama tiga bulan terakhir. Kemudian lampirkan juga mengenai daftar list dari bahan baku serta penolong sebagai pelengkapnya.

  1. Gambar atau denah

Syarat terakhir adalah lampiran berupa gambar atau denah terkait teknis IPAL dan dimensi serta denah untuk drainasenya. Semuanya harus jelas dan mudah terbayangkan bahkan bukan hanya berupa rancangan namun bisa terealisasikan.

Anda harus mengenal secara lengkap terkait syarat dan alur untuk IPLC kota Bandung ini agar lebih praktis. Dengan begitu ketika terjun langsung pemohon sudah siap untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi.

Baca Juga : ISPS Code Adalah

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com