Penerapan ISPS Code

Penerapan ISPS Code

Bagaimana Penerapannya

Harapan adanya penerapan ISPS code ini adalah untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam dunia pelayaran. Biasanya pemilihan ISPS code ini berdasarkan kondisi asli yang ada pada lapangan. Sehingga langkah atau kegiatan yang ada bisa langsung menyesuaikan dengan keadaan sebenarnya.

Pendukung penerapan ISPS Code

  1. Dukungan dari pihak terkait

Hal pertama yang membuat ISPS code menjadi lancar dan berjalan sesuai tujuan adalah adanya dukungan dari pihak terkait. Salah satu upayanya adalah pemerintah dan instansi terkait melakukan apel bersama untuk menyiapkan segala sesuatu sesuai kebutuhan.

ISPS code yang baru ini harapannya mampu memberikan solusi atas permasalahan keamanan yang sering terjadi. Sementara kebijakan yang sudah berjalan bisa tersaring untuk yang penting-penting saja.

  1. Peningkatan keamanan pada lokasi

Hal kedua yang mendukung penerapan ISPS code teraman adalah adanya peningkatan keamanan pada lokasi terkait. Caranya adalah memberikan peningkatan keamanan pada semua sisi terkait sarana dan prasarana yang ada. Terlebih pada bagian fasilitas yang berguna untuk kepentingan publik.

  1. Komunikasi yang terjalin baik

Hal ketiga sebagai pendukung berjalannya ISPS code adalah adanya komunikasi yang terjalin dengan baik. Komunikasi yang ada berupa hubungan internal antar awak kapal dan juga komunikasi dengan sistem keamanan terkait. Intinya komunikasi harus selalu baik pada arah mana pun.

  1. Manajemen yang baik

Hal keempat yang menjadi pelengkap pelaksanaan ISPS code yang bagus adalah adanya manajemen yang baik dalam segala hal. Manajemen yang berlangsung bisa terjadi terkait pengaturan tugas, wewenang, hak dan juga segala hal yang mendukung. Setiap pangkat harus bekerja sesuai jobdesk-nya masing-masing.

  1. Langkah antisipasi yang cepat

Hal kelima yang tidak boleh tertinggal adalah membuat langkah atau kegiatan antisipasi yang lebih cepat. Langkah ini bertujuan sebagai planning kedua ketika antisipasi pertama tidak berjalan dengan baik. Perencanaan yang bagus ini mampu membuat segalanya menjadi lebih baik.

Fakta dalam pelaksanaan ISPS Code

Selain pendukung pelaksanaan ISPS code tersebut hal berikutnya yang tidak boleh tertinggal adalah mengenal penerapan ISPS code terupdate sebagai berikut:

  1. Peranan penting dari pelabuhan

Mengingat peranan penting dari pelabuhan terutama pada Indonesia tentu membutuhkan pelaksanaan ISPS code yang lebih baik. Dukungannya harus berupa penjagaan keamanan serta segala hal yang berjalan sesuai aturannya. Jika hal ini berjalan secara konsisten maka keamanan bisa lebih terjaga.

  1. Manfaat yang nyata

Pelaksanaan ISPS code ini juga sudah memberikan manfaat yang nyata sehingga pelaksanaannya harus berlanjut. Praktik serta proses auditnya harus menyesuaikan dukungan fasilitas dan sarana yang ada. Seluruh pihak terkait harus saling mendukung pelengkapan ini.

  1. Verifikasi pihak internal

Langkah baik berikutnya adalah dengan memperkuat sistem verifikasi dari pihak internal. Verifikasi dan validasi segala macam dokumen dan kebijakan harus berjalan sesuai prosedurnya.

  1. Pelatihan dan audit

Langkah keempat yang harus ada juga adalah pelaksanaan pelatihan dan audit yang baik. Langkah ini berisikan kegiatan untuk mengetahui ukuran atau standar dari kemampuan dan tingkat keamanan terkait. Latihannya harus mengikutsertakan semua orang yang terlibat dalam penjagaannya.

Pelatihannya juga harus merata pada seluruh alamat pelabuhan yang ada. Sehingga nantinya pengetahuan mengenai ISPS code ini bisa sama dan tidak terjadi kesalahpahaman dalam kegiatannya.

Dalam proses penerapan ISPS code memang membutuhkan banyak persiapan, proses serta pengevaluasian yang jelas. Dengan begitu Anda bisa lebih mengerti langkah yang sekiranya membantu dan yang kurang berfungsi.

Baca Juga : ISPS Code Adalah

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com