Security Clearance

Security Clearance

Pengertian

Security clearance merupakan dokumen yang penting ada untuk keamanan dari luar negeri yang singgah dalam negeri. Surat ini berguna sebagai rekomendasi dan juga perlindungan bagi asing tersebut yang bertugas melewati batas wilayahnya dengan tujuan tertentu. Tujuan adanya surat ini juga sebagai pengaturan keluar masuk yang lebih teratur.

Dokumen untuk pengurusan security clearance

  1. Misi dan tujuan

Dokumen pertama yang harus terbuat adalah penjelasan secara lengkap terkait misi dan tujuan dari pembuatan surat tersebut. Jelaskan secara detail lengkap dengan alasan pendukung yang logis agar pengajuannya mudah terkabul.

  1. Tanggal masuk dan keluar dari dalam negeri

Dokumen kedua sebagai syarat security clearance terbaru adalah pencantuman tanggal masuk atau keluar dari Indonesia. Anda bisa mengisi salah satu atau keduanya sesuai ketentuan yang sudah tersepakati sebelumnya.

  1. Tanggal menuju Indonesia

Jelaskan juga terkait tanggal kedatangan pasti atau perjalanan yang sudah sah menuju Indonesia dengan bukti yang jelas. Hal ini untuk mempermudah proses pemantauan serta penjagaan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

  1. Bandara masuk ke Indonesia dan asalnya

Penjelasan berikutnya meliputi data penerbangan yang berguna untuk tempat keberangkatan dan juga tujuannya. Penjelasan ini sangat krusial fungsinya untuk mempermudah proses pengecekan dan pemantauan oleh petugas terkait.

  1. Jumlah penumpang dan barang

Jelaskan secara detail berapa banyak penumpang yang masuk dalam rombongan lengkap dengan datanya. Jangan lupa memasukkan jenis-jenis benda bawaan yang ada serta tingkat keamanannya untuk masuk ke wilayah negara baru.

  1. Nama crew

Jangan lupa jelaskan juga jika ada nama pendamping sebagai perlindungan untuk orang yang terlibat dalam penerbangan tersebut.

  1. Tipe pesawat

Penjelasan berikutnya terkait data dari pesawat yang menjadi transportasinya terkait nama dan nomor serta jadwalnya.

  1. Nama panggilan

Untuk mempermudah proses pendataan maka Anda harus memiliki nama panggilan yang jelas.

  1. Nama pesawat dan nama perusahaan

Dokumen terakhir yang harus jelas adalah pengenalan mengenai nama pesawat dan juga nama perusahaan yang mengeluarkan pesawatnya.

Alur pengurusan surat perizinan

Setelah semua dokumen yang termasuk ke dalamnya sudah lengkap maka Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya seperti ini:

1. Registrasi

Alur pengurusan yang pertama untuk security clearance terupdate yang pertama adalah melalui proses registrasi. Anda harus masuk terlebih dahulu pada laman terkait jika melalui pendaftaran online. Kemudian lakukan pengisian formulir serta antrean yang tertera ke dalamnya.

2. Sampaikan formulirnya

Alur berikutnya adalah proses penyampaian formulir yang sudah terisi dengan jelas. Formulir terkait harus yang berlabel CAIT dan melalui tahap pengesahan sesuai instansi yang berwenang.

3. Prosesnya berlanjut

Selanjutnya setelah formulirnya selesai maka akan berlanjut pada perwakilan pejabat militer yang menjadi wewenangnya. Cara dari proses lanjutan tersebut adalah dengan menyampaikan diplomatik pada panglima terkait.

4. Surat permohonan

Langkah keempat adalah pembuatan surat permohonan terkait dengan jadwal panglima TNI dengan surat terkait. Surat ini harus dalam format ketik lengkap dengan tanda tangan dan juga cap basah dari instansi terkait.

5. Formulir lanjutan Lanjutkan prosesnya dengan pengambilan formulir terkait CAIT dari petugas terpercaya untuk mendapatkan nomor izin terkait. Nomor ini terkait dengan kebutuhan INDF yang sudah terbit.

Pengurusan dari security clearance melalui beberapa tahap dan proses yang jelas. Dokumen ini sangat krusial dan hanya terbit untuk keperluan yang memang penting saja. Sehingga masa berlakunya juga terbatas sesuai kontrak yang berlaku.

Baca Juga : Surat Permohonan Security clearance

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com