SIUJP Adalah

SIUJP Adalah

Pengertian Surat Izin Usaha Jasa Pertambangan

Anda harus mengenal SIUJP Adalah dan semua lampiran yang harus ada. Usaha pertambangan membutuhkan banyak persiapan termasuk untuk perizinannya. Dokumen ini membutuhkan waktu yang lama untuk pengurusannya jadi harus siap jauh-jauh hari.

Syarat Penting Untuk Mengurus SIUJP 

1. Data dalam bentuk digital

Syarat pertama yang harus ada adalah rekaman semua syarat dan data dalam bentuk digital. Semua data ini harus dalam format PDF agar tidak rusak ketika terbuka. Jangan lupa melengkapi checklist berkaitan dengan semua syarat yang ada untuk pengecekan.

2. Bukti pembayaran

Syarat untuk surat izin usaha jasa pertambangan terpercaya yang kedua adalah melengkapi bukti pembayaran. Lampiran bukti pembayaran ini berupa peta WIUP dan pembayaran PNBP. Semuanya harus terlampir sesuai ketentuan yang tertera dalam Undang-Undang.

3. Surat pernyataan

Syarat berikutnya adalah surat pernyataan yang berisikan kesiapan diri untuk mematuhi semua ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Aturan yang termasuk ke dalamnya berupa aturan terhadap penjagaan lingkungan hidup. Surat pernyataan ini harus tertandatangani basah dan materai baru.

4. Dokumen untuk ISO

Syarat keempat adalah dokumen ISO yang harus terlampir mulai dari ISO untuk kesehatan dan lingkungan hidup. Berikutnya berupa ISO untuk manajemen lingkungan dan terakhir adalah manajemen mutu. Semuanya harus terlampir dengan lengkap sebagai bukti kelengkapan berkasnya.

5. Susunan hierarki perusahaan

Dan berikutnya Anda harus melengkapi susunan hierarki yang lengkap dari perusahaan termasuk ke dalam anggotanya. Semuanya harus lengkap dan melampirkan identitas dan juga nomor NPWP terkait.

6. Bukti kompensasi dan pelunasannya

Keenam Anda harus memberikan kelengkapan berupa bukti kompensasi dan pelunasannya. Dokumennya berupa scan dan aslinya untuk penyerahan pada proses tingkat lanjut.

7. Surat dan bukti lelang serta jaminan eksplorasi

Syarat ketujuh adalah menyerahkan surat dan bukti lelang serta jaminan eksplorasi. Dokumen juga berupa scan dan juga aslinya untuk bukti.

8. Surat permohonan

Anda juga harus membuat surat permohonan dengan ketentuan penulisan nama terang, tanda tangan basah dan materai yang asli.

Tahapan Pengurusan Surat Perizinan Pertambangan : SIUJP Adalah

Dan setelah syaratnya terpenuhi Anda bisa melalui proses pengurusan dengan beberapa tahap sebagai berikut: 1. Proses pengajuan Dalam pengurusan surat izin usaha jasa pertambangan teraman yang pertama adalah proses pengajuan. Untuk tahap ini juga terbagi menjadi dua proses seperti berikut:

  • Pemenang lelang atau badan usaha terkait harus berperan sesuai dengan wewenangnya. Badan usaha profit non profit, koperasi dan juga badan hukum ini bertindak sebagai pemegang usaha yang berjalan.
  • Proses tahapan verifikasi berdasarkan kelengkapan dokumen terkait jika ada syarat yang kurang harus lengkap terlebih dahulu. Verifikasi terkait dengan kelengkapan dokumen yang ada. Jika sudah lengkap akan ada tanda terima dan lanjut menuju proses evaluasi.

2. Evaluasi dan persetujuannya

Lanjut pada proses ini dokumen yang lolos pada tahap sebelumnya akan melalui tahap penilaian finansial, administratif dan teknis. Semua kekurangan dan kelebihannya akan diberikan pada pemohonnya. Jika tertolak akan kembali pada pemohon untuk penambahan syarat lainnya.

3. Proses penerbitan izin dari surat

Dan proses terakhir dari pembuatan surat izin ini adalah melalui tahap penerbitan izin dari surat. Setelah semua proses sudah selesai dan lengkap maka surat keputusan akan mendapatkan nomor pengesahan. Jika sudah lengkap maka surat akan kembali pada pemohon.

Dalam proses pengurusan surat izin usaha jasa pertambangan ini memang membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Anda harus mengurus dokumennya satu persatu agar tidak memakan waktu.

Baca Juga : Contoh RPTKA

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com