SIUPAL Online

SIUPAL Online

Syarat SIUPAL Online

Ada beberapa hal yang harus siap untuk mengurus SIUPAL online. Anda harus memenuhi segala macam syarat dan ketentuan yang berlaku untuk bisa mendapatkannya. Beberapa dokumen ini memang membutuhkan waktu yang lama untuk pengurusannya. Terlebih jika bersangkutan dengan kepemilikan perusahaan dan pengesahannya.

Syarat untuk mengurus SIUPAL Online terlengkap

Berikut ini berbagai persyaratan untuk mengurus SIUPAL secara online yang harus diperhatikan seperti:

  1. Rekomendasi BPJS terkait

Dokumen pertama yang harus terpenuhi oleh pemohon adalah rekomendasi BPJS. BPJS ini harus mencakup kebutuhan terkait ketenagakerjaan dan juga kesehatan. Rekomendasi ini menunjukkan persetujuan dari penerbit surat mengenai kesesuaian prosedur dan perlindungan keamanan terkait.

  1. Kepemilikan kapal

Dokumen kedua dari SIUPAL online terbaru adalah bukti kepemilikan kapal untuk pemohonnya. Kapal ini harus memiliki kriteria dengan ukuran 175 GT. Lengkapi dengan sertifikat keselamatan untuk kapal yang berlaku. Uraiannya terkait gorssakte dan surat ukur.

  1. Rekomendasi terkait

Dokumen berikutnya yang harus ada berupa rekomendasi dari syahbandar yang berwenang. Rekomendasi yang termasuk ke dalamnya berupa UPP atau ADPEL. Rekomendasi ini berguna untuk melengkapi pernyataan kesesuaian prosedur oleh instansi terkait.

  1. Ijazah terlampir

Dokumen keempat adalah melampirkan salinan atau foto kopian dari ijazah dengan legalisir. Strata yang harus ada minimal D3 jurusan tenaga ahli Pelayaran Niaga. Segala bentuk legalisir harus bertanda tangan basaj lengkap dengan capnya.

  1. Surat keterangan domisili

Dokumen berikutnya harus melampirkan surat keterangan domisili terbaru dan sah. Surat ini harus memuat keterangan lengkap dari alamat dari perusahaan yang asli dan bisa terbukti kebenarannya.

  1. Dokumen untuk izin

Perizinan berikutnya harus memuat dokumen perusahaan seperti HO, TDP dan SIUP. Lengkapi juga dokumen mengenai NPWP yang lengkap dan asli.

  1. Identitas pemilik usaha

Untuk syarat yang satu ini harus memuat akta pendirian perusahaan yang terbaru, KTP pemimpin perusahaan dan surat permohonan. Surat permohonan ini harus memuat isi dan format yang sesuai dengan tembusan pada dinas terkait.

Alur pendaftaran SIUPAL

Jika semua syaratnya sudah lengkap Anda bisa lanjut untuk mengurus alur SIUPAL online terlengkap dengan tata cara sebagai berikut:

1. Penyampaian proses registrasi

Langkah pertama untuk melakukan alur registrasi ini adalah penyampaian dokumen dan pengisian data diri. Hal ini berlaku untuk pendaftaran secara online maupun offline. Barulah dokumen yang masuk akan mendapatkan pengecekan dari pihak yang berwenang dan juga verifikasi lanjutan.

2. Validasi

Proses berikutnya adalah petugas akan memberikan tanda terima dari berkas yang ada. Berkasnya harus memenuhi segala bentuk syarat dan ketentuannya. Jika sudah terbukti kebenarannya maka bisa terbukti kevalidannya.

3. Pemrosesan

Setelah validasi selesai dokumen ini akan melalui proses lanjutan. Prosesnya berupa peninjauan lapangan, entry data dan juga koordinasi yang jelas dengan pihak terkait.

4. Proses penomoran

Surat yang sudah tersetujui akan mendapatkan nomor urut dan juga perizinan yang sesuai. Setelah itu akan mendapatkan tanda tangan oleh kepala bidang terkait. Dokumen tersebut akan mendapat tembusan menuju bagian administrasi terkait. Proses lanjutannya juga berupa proses pengarsipan dan penyerahan secara simbolis.

5. Retribusi

Proses terakhir dari pengurusan ini adalah tahap retribusi. Hal ini menyangkut dokumen dengan biaya terkait. Pembayarannya menuju pada nomor rekening BNI sesuai ketentuannya. Anda jangan sampai salah tujuan karena pembayaran tidak bisa terbatalkan.

Untuk mengurus SIUPAL online ini harus berdasarkan syarat dan ketentuan terbaru. Anda bebas menggunakan cara pengurusan offline maupun online. Yang terpenting adalah kelengkapan berkas dan mengikuti kebijakannya.

Baca Juga : Perbedaan SIUPAL dan SIUPKK

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com