Cara Daftar Modi

Cara Daftar Modi

Modi

Seiring berkembangnya zaman, tentu teknologi akan semakin maju. Dengan hadirnya aplikasi bernama Modi yang pemerintah rilis, maka Anda perlu tau cara daftar Modi. Bagi beberapa orang mungkin masih bingung apa sebenarnya aplikasi Modi ini.

Modi atau singkatan dari Minerba One Data Indonesia yang pada tahun 2016 pemerintah rilis, aplikasi ini memiliki beragam manfaat yang berguna bukan hanya bagi pemerintah Indonesia tetapi juga pengusaha dalam bidang batubara dan mineral.

Satu hal yang perlu para pelaku usaha tahu mengenai aplikasi bernama Modi ini adalah, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral sudah menerapkan setiap perusahaan untuk menggunakan aplikasi ini secara serentak sejak tanggal 1 Januari 2020.

Cara Daftar Modi Bagi Para Pelaku Usaha

Minerba One Data Indonesia membutuhkan beberapa informasi umum seputar perusahaan, agar mereka bisa memastikan bahwa informasi yang para pelaku usaha berikan terbukti valid dan asli.

  1. Registrasi Perusahaan Pendaftar

Langkah pertama untuk mendaftarkan perusahaan Anda adalah melakukan registrasi, registrasi pada website cukup mudah dan tidak banyak mengisi data. Registrasi ini melalui website resmi https://epnbpminerba.esdm.go.id/Account/Register.

Dalam proses registrasi tersebut, data yang Anda perlukan adalah email aktif beserta password. Email tersebut berguna sebagai proses verifikasi dan konfirmasi antara 2 pihak, kemudian membuat password harus mengandung 8 kata terdiri dari kombinasi alphabet dan angka.

Cara mendaftar Modi selanjutnya memasukkan MODI Single ID, apabila masih bingung bagaimana mendapatkan kode tersebut. Para pelaku usaha bisa mendapatkannya melalui website https://modi.minerba.esdm.go.id.

Apabila Anda sudah memasukkan email, password dan MODI Single ID, maka data yang tercantum sudah lengkap. Selanjutnya Anda hanya perlu klik “Saya Bukan Robot” dan klik Cek.

  1. Mencetak Surat Pernyataan Kebenaran dan Keabsahan Data

Selanjutnya adalah pelaku usaha perlu mengunduh Surat Pernyataan Kebenaran dan Keabsahan Data, yang didapatkan setelah klik “Cek”. Apabila sudah mengunduhnya, maka perlu mencetak dan membutuhkan tanda tangan dari Direksi Perusahaan.

Apabila tanda tangan sudah terisi dengan materai yang sudah menempel terlebih dulu, selanjutnya scan surat tersebut. Dalam bentuk soft copy, Anda akan mengunggah surat tersebut pada ePNBP Minerba.

Kemudian surat dalam bentuk fisik, harus Anda kirimkan kepada Direktur Penerimaan Mineral dan Batubara yang beralamat di Jl. Supomo No. 10, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Kode pos: 12870.

  1. Periksa Email Terdaftar

Agar dapat mengetahui kelanjutan dari unggahan surat tersebut, pelaku usaha perlu mengecek kembali email yang terdaftar pada saat registrasi. Pastikan tidak salam memasukkan alamat email.

Sebab nanti Anda tidak bisa mendapat info dari pihak pemerintah. Proses verifikasi akan berlanjut melalui email yang Anda terima. Maka dari itu sebaiknya cek email secara berkala agar proses konfirmasi bisa Anda respon dengan cepat.

Keuntungan Mengetahui Cara Daftar Modi

Bagi Anda para pengusaha yang sudah lama bergerak dalam bidang ini, maupun pengusaha yang baru merintis usaha pada bidang batubara dan mineral. Sebaiknya Anda perlu tau apa saja manfaat yang bisa Anda dapat apabila mendaftar pada aplikasi Modi.

Aplikasi ini wajib bagi pemerintah untuk semua pengusaha batubara dan mineral. Bahkan perusahaan yang tidak mendaftar pada aplikasi Modi, bisa terancam agar tidak dapat beroperasi. Serta dengan Anda mendaftar melalui ePNBP Minerba.

Maka iuran tetap, royalti serta penjualan hasil tambang dapat mempergunakannya untuk membayar itu semua. Maka dari itu, segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga. Apabila Anda masih bingung, mengenai cara daftar Modi, segera hubungi call center ESDM yaitu 136.

Baca Juga : Modi Minerba

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com