Cara Mendaftar MOMS Minerba

Cara Mendaftar MOMS Minerba

 

 

MOMS Minerba

 

Cara mendaftar MOMS minerba dapat dilakukan dengan sangat mudah. Saat ini pemerintah mewajibkan seluruh perusahaan untuk menggunakan aplikasi minerba online monitoring system. Aplikasi ini berguna untuk melakukan pengelolaan secara realtime mengenai produksi dan Pemasaran sektor batubara.

 

Pemerintah menciptakan aplikasi MOMS dengan tujuan untuk melakukan pengawasan yang akurat terhadap seluruh perusahaan yang bergerak pada bidang mineral dan batubara.

 

Pemerintah Mewajibkan seluruh perusahaan untuk mendaftar pada aplikasi MOMS. Oleh karena itu, Setiap perusahaan wajib tunduk terhadap aturan yang telah pemerintah tetapkan.

 

Tentunya, pemerintah melakukan hal tersebut demi kepentingan dan juga kebaikan bersama baik pemerintah maupun perusahaan. Karena, dengan menggunakan aplikasi MOMS pengawasan menjadi lebih terstruktur dan perusahaan juga mendapatkan kemudahan dalam melaporkan kegiatan usahanya.

 

Pengguna Aplikasi Minerba Online Monitoring System

 

Sebelum membahas mengenai cara mendaftar MOMS minerba, mungkin Anda perlu mengetahui siapa saja pengguna aplikasi ini. Ada tiga jenis user yang bisa menggunakan aplikasi ini. Berikut jenis-jenis user yang bisa menggunakan aplikasi MOMS

 

  • Perusahaan IUP OP

 

Jenis user yang pertama yaitu perusahaan IUP OP. Pada aplikasi ini perusahaan akan berperan sebagai Trader. Trader adalah pihak yang melakukan kegiatan jual beli baik dari dan ke trader sendiri maupun membelinya dari IUP OP.

 

  • Surveyor

 

Jenis user yang kedua yaitu surveyor. Tugas dari seorang surveyor yaitu adalah mengeluarkan LHV, COA dan COW dan verifikasi data penjualan.

 

  • Admin

 

Jenis user yang terakhir yaitu admin. Salah satu tugas dari admin yaitu adalah menerima registrasi dari Trader. Selain itu juga melakukan tugas lain seperti misalnya monitoring data penjualan serta approval kerja sama Trader dan IUP OP.

 

Langkah-Langkah Cara Mendaftar MOMS Minerba

 

Untuk mendaftar pada aplikasi MOMS minerba dapat dilakukan dengan sangat mudah. Berikut langkah-langkah jika Anda ingin mendaftar pada aplikasi MOMS.

 

  1. Langkah pertama, silahkan langsung buka browser Chrome kemudian ketikan url resminya.
  2. Pada halaman utama, Anda akan melihat tiga kategori pengguna pada aplikasi ini yaitu itu IUP OP, surveyor, dan admin. Dalam hal ini silakan pilih IUP OPK.
  3. Setelah itu, klik menu register. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu adalah memasukkan email aktif. Setelah itu, Anda perlu untuk memasukkan password. Password harus memuat 16 karakter, dengan minimal satu angka, satu huruf besar, satu huruf kecil, dan satu karakter.
  4. Jika semua langkah sebelumnya berjalan dengan benar, maka Anda akan mendapatkan kode Trader.
  5. Masukkan kode Trader, nama PIC, dan surat penugasan. Untuk format surat penugasan bisa langsung Anda download pada Link yang tertera pada layar.
  6. Pastikan semua data terisi dan lengkap. Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu adalah menekan tombol register.

 

Setelah melakukan registrasi, Anda tinggal menunggu akun Anda mendapat persetujuan admin. Jika pada proses pendaftaran Anda mengisi semua data dengan benar, kemungkinan besar akun akan terverifikasi.

 

Akan tetapi jika salah, mungkin Anda harus melakukan beberapa perbaikan kemudian mendaftar kembali. Biasanya admin akan melakukan verifikasi waktu kurang dari 24 jam. Jika sampai waktu 3 hari belum mendapat email konfirmasi, mungkin Anda perlu menghubungi contact center.

 

Jika mengalami kendala ketika registrasi bisa menghubungi alamat emailnya. Jangan ragu untuk bertanya jika merasa kebingungan ketika menggunakan aplikasi MOMS.

 

Aplikasi MOMS merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat untuk perusahaan yang bergerak pada sektor mineral dan batubara. Karena pemerintah mewajibkan seluruh perusahaan untuk menggunakannya, maka cara mendaftar MOMS minerba ini sangat penting untuk Anda ketahui.

 

 

Baca Juga : LKPM

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com