Cara Mendapatkan Security Clearance

Cara Mendapatkan Security Clearance

Bagaimana Cara Mendapatkan Security Clearance?

Cara mendapatkan security clearance saat ini sudah sangat ketat dengan ketentuan yang semakin terstruktur. Fungsi dari adanya izin keamanan ini adalah sebagai pemantauan masuk keluarnya transportasi maupun orang asing masuk ke dalam negeri. Aturan dan izin yang jelas akan membuat mereka lebih mengerti mengenai batasannya.

Fakta terkait cara mendapatkan security clearance

  1. Pemantauan penerbangan

Salah satu cara untuk mendukung kebijakan SC adalah dengan memantau penerbangan tanpa jadwal. Pemantauan meliputi seluruh maskapai yang berisikan warga dalam negeri, asing maupun campuran. Tujuannya adalah memantau keselamatan dan keamanan selama proses penerbangan.

  1. Adanya sosialisasi yang mendukung

Terkait cara mendapatkan security clearance terlengkap ini juga terdukung dengan adanya sosialisasi mengenai penggunaannya. Selama proses pengurusan sampai dengan penggunaannya sudah jelas tertulis pada buku panduan terkait. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahpahaman bagi pemilik SC serta penyalahgunaannya.

  1. Adanya persetujuan berkendara

Layaknya transportasi lainnya, untuk jalur udara juga harus melengkapi syarat lain ketika melintas ke dalam area negara lain. Selain wajibnya SC juga harus ada syarat lain pendukung terbitnya FC. Penerbitannya juga melewati proses pemantauan, penyelidikan sampai dengan pengecekan secara berkala.

  1. Pihak yang berwenang

Mengenai penerbangan non schedule ini juga menjadi wewenang dari instansi dan pejabat terkait sesuai bidangnya. Perizinan melintas ini harus berdasarkan persetujuan dari Menteri Perhubungan, Mabes TNI dan juga Kementerian Luar Negeri. Sementara dokumen yang terbit sesuai dengan wewenang masing-masing.

  1. Komunikasi dan tugas dari pihak terkait

Dalam hal penjagaan jalur udara menjadi tugas dari TNI AU. Sementara operator penerbangan asing dan dalam negeri tugasnya membantu tugas dari TNI AU. Semua pihak ini harus selalu menjaga komunikasi untuk mewujudkan jalur udara yang aman dan nyaman.

Proses pengurusan izin keamanan

Setelah mengenal beberapa fakta menarik terkait cara mendapatkan security clearance termudah, selanjutnya Anda bisa melengkapi syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Pengisian formulir

Langkah pertama untuk melengkapi syarat pengurusan ini adalah dengan mengisi formulir secara lengkap. Pengisian ini secara offline dan harus mengantre sesuai urutan yang Anda dapatkan.

2. Pengiriman formulir

Formulir yang sudah terisi lengkap dan terjamin kebenarannya harus mengalami proses pengiriman. Tujuan dari pengiriman ini adalah pihak yang berwenang dalam pengecekan CAIT.  Proses ini membutuhkan waktu tergantung antrean dan banyaknya orang yang mengajukan.

3. Verifikasi dan penilaian

Langkah berikutnya adalah formulir yang sudah ada akan mengalami tahap penilaian mengenai kebenaran pengisian dan verifikasi jika sudah benar. Tugas dari langkah ini adalah milik pejabat perwakilan militer terkait dengan nota diplomatik terkait. Kemudian surat ini akan mendapat tembusan menuju Panglima TNI.

4. Surat permohonan

Langkah selanjutnya adalah pembuatan surat permohonan. Surat ini berisi perizinan terkait transportasi asing yang non schedule. Tujuan tembusannya juga masih sama yakni pada Panglima TNI.

5. Pengambilan formulir

Langkah terakhir adalah pemohon wajib mengisi formulir terkait dengan data terkait CAIT dan juga INDF. Keseluruhan proses pengurusan surat ini adalah sekitar empat belas harian kerja tergantung antrean yang terjadi.

Anda harus memastikan semua berkas sudah lengkap sebelum menuju proses pengurusannya. Berkas yang belum lengkap akan ditolak sehingga pemohon harus mengantre kembali.

Cara mendapatkan security clearance sebenarnya sangat simpel hanya saja sistem pengecekannya sangat ketat. Sehingga kesalahan kecil bisa membatalkan terbitnya surat tersebut. Terlebih jika dokumen yang terlampir ternyata palsu atau sudah tidak berlaku.

Baca Juga : Surat Permohonan Security clearance

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com