Izin Pembuangan Air Limbah

Izin Pembuangan Air Limbah

Syarat Izin Pembuangan Air Limbah

Limbah merupakan salah satu hal yang krusial sehingga ada pengaturan izin pembuangan air limbah. Aturan ini bertujuan untuk menjaga lingkungan dari pengaruh buruk limbah. Sehingga dalam pengerjaannya perlu melengkapi beberapa syarat dan ketentuan yang ada. Jika tidak mengikuti aturan maka akan terkena sanksi.

Syarat khusus untuk izin pembuangan air limbah

  1. Sertifikat pendukung

Syarat pertama yang harus ada berupa sertifikat pendukung. Sertifikat ini merupakan ISO 9.000 dan juga tipe 14.000 untuk yang paling tinggi. Anda cukup menyiapkan salinan berupa fotokopi untuk menghindari hilangnya dokumen yang asli. Aslinya cukup simpan saja dan tunjukkan jika nanti memerlukannya.

  1. Dokumen perusahaan

Syarat untuk izin pembuangan air limbah terlengkap berikutnya adalah dokumen perusahaan. Dokumen yang perlu berupa TDP dan SIUP. Keduanya menunjukkan keaslian perusahaan karena sudah terdaftar jelas dan juga izin usaha yang valid. Siapkan fotokopi warna agar suratnya tetap bisa terbaca dengan jelas.

  1. Dokumen izin

Syarat berikutnya yang tidak boleh terlewat adalah dokumen untuk keperluan perizinan yang valid. Yang termasuk dalam jenis dokumen ini adalah surat persetujuan lingkungan atau AMDAL. Kemudian lengkapi juga dokumen yang berisi izin untuk mendirikan bangunan.

  1. Dokumen usaha

Syarat keempat yang harus lengkap berupa dokumen yang menjelaskan mengenai usaha yang sedang berjalan. Dalam hal ini dokumen yang termasuk ke dalamnya adalah izin khusus untuk mendirikan bangunan. Kemudian izin mengenai penggunaan lokasi dan izin terhadap gangguan yang terjadi akibat aktivitas perusahaan.

  1. Syarat pelengkap

Terakhir untuk syarat kelima berupa pelengkap dan juga wajib ada. Untuk kategori ini berupa nomor NPWP perusahaan yang resmi. Kemudian pengesahan kehakiman dan juga dokumen berupa akta dari perusahaan. Semuanya harus berupa salinan yang jelas dengan format dan jumlah sesuai ketentuannya.

Syarat teknis untuk perizinan limbah air

Jika semua syarat sudah lengkap Anda bisa langsung mengurus izin pembuangan air limbah terbaru secara teknis sebagai berikut:

1. Mengisi formulir

Teknis pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengisi formulir yang sudah tersedia pada tempat registrasi. Untuk mempercepat prosesnya bawalah alat tulis sendiri kemudian isi semua kolom tanpa terkecuali.

2. Rekomendasi teknis

Syarat teknis yang kedua adalah melampirkan rekomendasi yang menyatakan persetujuan dari daerah setempat. Surat rekomendasi ini harus asli dengan tanda tangan basah dan juga cap dari instansi terkait.

3. Surat pengelolaan limbah

Anda juga wajib melampirkan surat izin pengelolaan limbah dalam bentuk salinannya. Surat ini harus valid dengan memuat beberapa unsur penting ke dalamnya.

4. Surat permohonan dan pernyataan

Lampiran berikutnya berupa surat permohonan dan juga pernyataan terkait usaha dan limbah yang ada.

5. Hasil pemeriksaan

Lampirkan juga hasil dari pemeriksaan yang sudah terlaksana oleh petugas setempat. Hasil pemeriksaan ini harus memberikan nilai yang baik sebagai pendukung terbitnya perizinan.

6. Rencana konstruksi pengolahan limbah

Anda juga harus memiliki rancangan konstruksi dari pengelolaan limbah cair yang jelas. Rancangan ini tidak hanya berupa gambaran saja namun juga harus bisa terealisasikan dengan baik.

7. SOP

Layaknya setiap hal harus ada SOP yang jelas, begitu juga dengan penggunaan alat pengelolaan limbah tersebut. SOP ini tertuju untuk semua staff yang tergabung ke dalamnya.

8. Neraca air

Dokumen terakhir yang harus ada berupa neraca. Neraca ini menunjukkan pemeriksaan, proses sampai dengan output-nya.

Pengurusan izin pembuangan air limbah juga harus terjadi jauh-jauh hari terlebih dalam hal persiapan syarat dan ketentuannya. Sehingga waktu yang ada tidak terlalu banyak terbuang.

Baca Juga : Biaya Pembuatan IPLC

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com