Membuat Peta WIUP

Membuat Peta WIUP

 

Cara Membuat Peta WIUP Menggunakan Arcgis Online

 

Jika Anda hendak menjalankan bisnis pertambangan, maka Anda harus memperoleh izin usaha pertambangan terlebih dahulu. Untuk memperoleh izin tersebut, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan salah satunya yaitu Anda harus membuat peta WIUP.

Peta WIUP tentunya menjadi salah satu syarat izin operasi pertambangan. Peta tersebut harus memuat data yang sangat rinci terkait wilayah tempat perusahaan pertambangan itu berdiri. Bahkan, peta tersebut harus dengan tepat menunjukkan titik-titik koordinat wilayah tersebut.

Cara Membuat Peta dengan Arcgis Online

Peta adalah sebuah gambaran permukaan bumi yang terbentuk pada bidang datar seperti kertas, layar digital, dan lainnya. Peta biasanya memiliki ukuran sendiri yang biasa Anda kenal dengan sebutan skala.

Skala sendiri merupakan perbandingan jarak dalam peta terhadap jarak yang sebenarnya. Untuk mengetahui skala dalam peta, Anda harus melakukan berbagai perhitungan.

Tentu saja, skala dalam peta tidak bisa sembarangan. Karena itu, dalam pembuatan peta harus melalui pengukuran-pengukuran yang akurat.

Untuk membantu proses pembuatan peta, Anda juga bisa memanfaatkan web arcgis yang bisa Anda akses dengan bebas. Web yang berbasis online tersebut akan membantu Anda dalam membuat peta, termasuk peta WIUP.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat peta dengan menggunakan arcgis online yang wajib Anda ketahui:
  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat peta yaitu dengan mengunjungi web arcgis pada browser, baik itu Google Chrome ataupun browser lainnya. Web tersebut bisa Anda kunjungi pada link http://www.arcgis.com;
  • Setelah masuk ke dalam web, lakukan registrasi dengan memilih “Sign in”. Setelah itu, pilih menu “Konten” dan pilih “Buat untuk memulai”. Setelah itu, Anda hanya tinggal pilih peta;
  • Pada menu “Buat peta”, Anda akan melihat berbagai kolom yang harus Anda isi seperti kolom judul, tag, hingga ringkasan. Anda bisa mengisi kolom-kolom tersebut sesuai dengan peta yang hendak Anda buat. Anda juga harus menentukan penyimpanan untuk peta tersebut. Setelah seluruh kolom terisi, klik “Ya”;
  • Masukkan data dari portal lain tergantung dari peta apa yang hendak Anda buat. Untuk membuat peta WIUP, biasanya sebelumnya Anda harus melakukan pemetaan terlebih dahulu. Hasil dari pemetaan tersebut nantinya akan diolah menjadi sebuah data yang kemudian bisa Anda gunakan untuk membuat peta pada web yang satu ini;
  • Setelah Anda menemukan data terkait, Anda bisa langsung klik “Daftar Layer”. Setelah itu, pilih data yang akan Anda gunakan lalu pilih bagian “description”. Bagian “description” tersebut bisa Anda isi dengan keterangan peta yang sedang Anda buat, contohnya “pet WIUP”;
  • Setelah tahap sebelumnya selesai, maka Anda akan melanjutkan proses pembuatan peta ke halaman baru. Pada halaman tersebut, lakukan “Copy link”;
  • Setelah itu, kembali ke halaman peta awal. Pada halaman awal tersebut, klik “Tambah” dan pilih “Tambah Layer dari Web”. Link yang sudah Anda salin sebelumnya, tempelkan pada halaman ini;
  • Setelah Anda melakukan tahap tersebut, maka halaman peta milik Anda akan terlihat kosong. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu pilih layer yang sebelumnya Anda beri “description” yaitu “peta WIUP”. Klik tanda titik tiga (…) lalu pilih perbesar/perkecil;
  • Setelah tahap tersebut, maka peta milik Anda telah selesai Anda buat. Untuk menyimpan hasilnya, Anda bisa klik opsi “Simpan”.

Perlu Anda ingat, dalam membuat peta WIUP, Anda harus melakukan pemetaan terlebih dahulu. Pemetaan tersebut pastinya harus Anda lakukan dengan teliti agar hasil peta nanti lebih akurat. Biasanya, proses pemetaan bisa Anda lakukan dengan menggunakan alat bantuan berupa drone.

Jasa Membuat Peta WIUP

Setelah mengetahui cara-cara membuat peta WIUP sebelumnya, Anda tentu saja dapat mempraktikkannya sendiri. Anda hanya tinggal mengikuti cara-cara tersebut lalu peta WIUP perusahaan Anda akan segera jadi.

Meski begitu, Anda tetap harus melakukan pembuatan peta tersebut dengan sangat teliti. Hal tersebut perlu Anda lakukan demi kelancaran perizinan bisnis Anda. Anda harus melakukan tiap tahapan proses pembuatan peta dengan benar dan sesuai.

Karena hal tersebut, beberapa dari Anda pasti merasa enggan untuk membuat peta tersebut. Anda pasti akan merasa kalau pembuatan peta WIUP sangat sulit dan akan memakan banyak waktu.

Jika Anda berpikir seperti itu, maka Anda tidak perlu khawatir. Anda tentu saja bisa mendapatkan surat perizinan untuk bisnis pertambangan Anda tanpa harus membuat peta sendiri. Anda dapat meminta jasa pembuatan peta WIUP yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tentu saja, jasa pembuatan peta tersebut tidak hanya akan melakukan pembuatan peta saja. Namun, pihak mereka juga akan mulai mengerjakan semuanya dari tahap pertama hingga akhir. Mereka akan mulai dengan melakukan pemetaan, pengolahan data, hingga pembuatan peta.

Dengan menggunakan bantuan jasa pembuatan peta WIUP profesional, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, antara lain:

  • Lebih Tenang

Anda yang menggunakan bantuan jasa pastinya tidak akan merasa khawatir peta wilayah pertambangan Anda tidak sesuai dengan standar nasional. Pihak jasa merupakan para pekerja profesional dan berpengalaman yang pastinya mengetahui seluk-beluk peta WIUP.

Peta WIUP milik perusahaan Anda akan dikerjakan oleh para ahli yang telah teruji. Karena itu, peta milik Anda akan tepat hingga garis-garis bujur dan lintangnya.

  • Tidak Perlu Menunggu Lama

Jika Anda membuat peta sendiri, belum tentu Anda dapat menyelesaikannya tanpa memakan waktu yang lama. Berbeda jika Anda menggunakan bantuan dari jasa, peta WIUP milik Anda akan jadi dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Pihak jasa pengurusan WIUP merupakan tenaga andal yang telah memiliki berbagai peralatan canggih untuk membantu pekerjaan mereka. Bahkan, beberapa jasa tersebut dapat melakukan pemetaan dan penyusunan dokumen hanya dalam waktu dua hari saja.

  • Tidak Perlu Terlibat

Meski Anda merupakan pemilik perusahaan pertambangan atau yang menduduki posisi lainnya, Anda tentu tidak perlu terlibat secara langsung dalam pengurusan peta WIUP. Anda hanya perlu menunggu jasa menyerahkan peta hasil pekerjaan mereka kepada Anda.

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, pihak jasa akan melakukan seluruh pekerjaan tersebut dari mulai pemetaan hingga penyusunan peta WIUP.

Dengan menggunakan bantuan jasa pembuatan peta WIUP, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa mereka. Tentu saja, biaya yang Anda butuhkan tergantung dari jasa mana yang Anda gunakan.

Meski begitu, ada perkiraan biaya jasa pembuatan peta terutama peta WIUP yang perlu Anda ketahui. Perkiraan biaya yang Anda butuhkan untuk dapat menerima peta WIUP dari sebuah jasa yaitu sekitar Rp 1.500.000 – Rp 3.00.000.

Sedangkan, biaya yang Anda butuhkan untuk proses pemetaan dan penyusunan dokumen yaitu akan disesuaikan dengan jumlah luas lahan yang Anda miliki untuk berdirinya perusahaan nanti. Perkiraan biaya pemetaan lahan yaitu sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000/Ha.

Jadi, jika Anda enggan untuk membuat peta WIUP sendiri dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda bisa menggunakan bantuan jasa pembuatan peta atau jasa pengurusan dokumen WIUP. Jasa-jasa tersebut pastinya dapat Anda temukan dengan mudah baik secara online maupun offline.

 

 

Baca Juga : Syarat Mendaftar MOMS Minerba

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com