Pengurusan IPAL Ke Laut

Pengurusan IPAL Ke Laut

 

Izin Pembuangan Air Limbah Ke Laut

Ada beberapa hal yang mengatur terkait Pengurusan IPAL Ke Laut. Saluran ini harus sesuai dengan aturan yang sudah ada. Bahkan limbah yang terbuang juga harus mengalami pengolahan terlebih dahulu. Sehingga nantinya ketika sampai ke laut tidak akan merusak kehidupan makhluk lainnya.

Alur pengurusan izin pembuangan air limbah ke laut terlengkap

  1. Pengajuan

Proses pertama untuk pendapatan izin ini adalah melakukan pengajuan. Pengajuan harus melengkapi segala bentuk formulir dan juga syarat yang terlampir. Pastikan semuanya sudah lengkap sebelum mendaftar pada bagian registrasi. Selain mempersingkat waktu cara ini juga membuat permohonan lebih mudah terbit.

  1. Pemeriksaan

Alur untuk izin pembuangan air limbah ke laut terbaru yang kedua adalah pemeriksaan. Kegiatan ini merupakan wewenang dari petugas yang ada. Mereka akan mengecek kelengkapan dan kevalidan dari masing-masing syarat yang telah terlampir. Mereka akan mengembalikan berkas jika ternyata ada yang kurang atau tidak valid.

  1. Validasi

Setelah pemeriksaan selesai petugas akan melakukan proses validasi pada masing-masing syarat terkait. Jika hasilnya valid maka lanjut untuk memeriksa syarat teknis dan pelaksanaan terkait. Kemudian akan muncul hasil dan juga beberapa hal yang memerlukan revisi jika harus terjadi.

  1. Proses revisi

Setelah mendapatkan laporan revisi pemohon harus bergerak untuk memperbaiki dokumen atau syarat yang kurang lengkap. Kemudian mengikuti alur mulai dari langkah awal sampai tahap validasi. Barulah bisa lanjut menuju tahapan berikutnya. Jangan lupa untuk menyertakan surat kelengkapan berkas sebagai bukti telah melakukan revisi.

  1. Draft SK

Jika semua dokumen dan syarat sudah valid dan tidak mengalami masalah maka petugas akan membuat draft SK. Draft ini harus mengalami beberapa kali pengecekan untuk memastikan nama dan isiannya benar.

  1. Penerbitan SK

Draft yang sudah pasti benar tersebut akan mengalami proses lanjutan yakni penerbitan. Kemudian mendapat tembusan pada pihak-pihak terkait untuk mendapatkan persetujuan penyampaian. Sampai akhirnya jika semuanya sudah siap SK bisa tersampaikan pada pemohon secepat mungkin.

Dokumen yang penting untuk perizinan limbah

Anda harus teliti dalam membuat syarat dan ketentuan yang ada untuk menghindari revisi. Adapun beberapa dokumen krusial yang rawan revisi terkait izin pembuangan air limbah ke laut terlengkap adalah sebagai berikut:

  • Dokumen permohonan

Seluruh keperluan untuk dokumen permohonan harus lengkap dan terbuat bentuk softcopy-nya. Semuanya harus masuk dalam satu CD atau flashdisk agar tidak mudah hilang.

  • Kajian pembuangan air limbah

Dokumen ini harus memuat segala bentuk aturan terkait tata cara pembuangan air limbah ke laut sesuai aturan terkait.

  • Formulir

Dokumen yang rawan revisi berikutnya adalah formulir. Banyak yang menyepelekan dalam pengisiannya padahal formulir ini sangat krusial. Tidak boleh ada kolom yang kosong dan semuanya harus terisi dengan valid.

  • Izin lingkungan

Lampiran ini juga tidak kalah penting terutama pada bagian persetujuan dan pembuatan salinannya. Persetujuan harus mendapat tanda tangan dari badan yang berwenang kemudian untuk salinannya harus jelas terbaca. Anda bisa menggunakan fotokopi warna untuk mengantisipasinya.

  • Surat pernyataan

Pernyataan ini harus terbuat oleh penanggung jawab terkait lengkap dengan tanda tangan basah dan juga materai terbaru.

  • Surat permohonan

Surat ini berbeda isi dengan pernyataan namun keduanya harus ada. Bubuhkan materai dan tanda tangan untuk melengkapi kevalidannya.

Alur izin pembuangan air limbah ke laut memang cukup panjang dan ketat. Jadi lebih baik Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum memasuki alur pendaftarannya. Dengan begitu jika ada yang kurang bisa langsung terlengkapi.

Baca Juga : Biaya Pembuatan IPLC

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com