Rencana Penutupan Tambang

Rencana Penutupan Tambang

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Penutupan?

Rencana penutupan tambang bisa berhasil atau tidak tergantung atas pelaksanaan kegiatan yang perusahaan jalankan. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak perusahaan yang gagal dalam melaksanakan penutupan tambang karena berbagai sebab dan kondisi. Alhasil, kegiatan penutupan tambang tidak berjalan sesuai rencana dan waktu semestinya. 

Faktor yang Mempengaruhi Rencana Penutupan Tambang

1. Perusahaan Tidak Memperpanjang Proyek Kerjanya 

Salah satu faktor penyebab mengapa penutupan tambang berjalan lambat karena perusahaan tidak memperpanjang proyek kerjanya. Alasannya entah karena sumber daya yang berkurang atau habis atau karena dana yang tidak lagi mencukupi.

Alhasil, perusahaan tidak mampu melaksanakan tugasnya entah yang berkaitan dengan kegiatan pertambangan maupun penutupan tambang. Padahal, masing-masing kegiatan memiliki fungsi dan peranan yang sama besarnya. 

2. Adanya Perubahan Mengenai Perundang-Undangan 

Faktor lainnya yang mempengaruhi kegiatan penutupan tambang adalah perubahan Perundang-undangan. Berbeda dari faktor pertama, faktor ini jarang sekali terjadi karena proses regulasinya yang panjang dan rumit. 

Meski demikian, tidak mustahil kegiatan rencana penutupan tambang timah atau batu bara yang Anda laksanakan harus terhenti akibat peraturan tersebut. Sebab dan akibat mengapa terjadi perubahan Perundang-undangan  laporannya akan pemerintah sampaikan secara tertulis.  

3. Cadangan Bahan Galian Tidak Ekonomis/Habis

Faktor pendukung terakhir penyebab penutupan tambang terhenti karena cadangan bahan galian tidak lagi tersedia dan ekonomis harganya. Akibatnya, kegiatan pertambangan tidak lagi terlaksana termasuk kegiatan penutupan tambangnya. 

Mengenal Tahapan-Tahapan Penutupan Tambang

Bagi pengusaha pertambangan melaksanakan kegiatan penutupan tambang merupakan suatu kewajiban. Berbanding terbalik dengan masyarakat awam yang tidak memahami sama sekali kegiatan dan peraturannya. Lantas, apa sajakah tahapan penutupan tambang?

1. Penonaktifan Tambang

Yang pertama adalah penonaktifan tambang yang meliputi berbagai kegiatan lainnya seperti pembongkaran peralatan atau penggalian dan pengembalian lahan. Berbagai kegiatan yang berlangsung pada tahapan ini merupakan tahapan awal dari non aktifnya kegiatan pertambangan pada suatu wilayah. 

2. Pengelolaan Tenaga Kerja

Tahapan rencana penutupan tambang selanjutnya adalah pengelolaan tenaga kerja yang selama ini mengeluarkan keringat mereka untuk mengerjakan kegiatan tambang. Tenaga kerja yang tergabung dalam tahapan pengelolaan tenaga kerja termasuk tenaga kerja tidak tetap atau tenaga kerja tetap. 

Upah masing-masing tenaga kerja mungkin tidak sama besarnya namun perusahaan memiliki kewajiban untuk membayar semua hutang pembayaran atas pekerjaan mereka. Urusan pembayaran upah tenaga kerja merupakan kegiatan internal perusahaan yang sewajarnya bisa selesai sebelum penutupan tambang berakhir. 

3. Reklamasi

Tahapan ketiga adalah reklamasi atau yang mengacu pada pengelolaan atau perbaikan lingkungan. Pada kegiatan ini perusahaan perlu memastikan jika kegiatan pertambangan yang mereka lakukan tidak merusak alam atau lingkungan sekitarnya. Bila pun merusak alam harus segera melaksanakan program perbaikan atau perawatan. 

Kegiatan reklamasi tambang juga berhubungan langsung dengan masyarakat setempat. Jangan sampai kegiatan tambang yang perusahaan lakukan membawa dampak buruk entah bagi kesehatan maupun perekonomian masyarakat. 

4. Audit Lingkungan

Merupakan kegiatan evaluasi terhadap kegiatan tambang yang berdampak langsung maupun tidak langsung pada lingkungan dan segala aspek lainnya. Proses evaluasi ini menjadi tanggung jawab penilai untuk memberikan penilaian mereka secara akurat mengikut kondisi yang terjadi pada area pertambangan. 

5. Pelaporan

Dan tahapan terakhir adalah pelaporan. Hasil laporan inilah yang akan perusahaan gunakan untuk menyelesaikan program penutupan tambang. Laporan yang perusahaan buat bukan hanya berfungsi untuk perusahaan tapi juga pemerintah baik daerah maupun pusat.

Sudahkah perusahaan Anda melaksanakan penutupan tambang dengan benar? Bila jawabannya belum karena terkendala banyak hal maka gunakanlah jasa atau konsultan rencana penutupan tambang

Baca Juga : Modi Minerba

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com