Sertifikat PJK3

Sertifikat PJK3

Simak Sertifikat PJK3

Sertifikat PJK3 sebenarnya memiliki banyak jenis mulai dari konstruksi dan perindustrian. Tujuan adanya sertifikat ini berguna untuk memberikan ketrampilan yang mumpuni untuk para pekerja yang terlibat. Sehingga skill dari para tenaga ahli semakin bertambah dan mampu meningkatkan nilai kerja dari perusahaan terkait.

Syarat mengajukan sertifikat PJK3

  1. Foto diri

Syarat pertama yang harus ada berupa foto diri. Format untuk foto diri ini berupa foto terbaru dengan ukuran 4×6. Sementara untuk keperluan percetakannya Anda harus menyiapkannya sebanyak dua lembar.

  1. Daftar riwayat hidup

Mengenal sertifikat PJK3 dan syaratnya yang kedua adalah melampirkan daftar riwayat hidup terkait. Anda bisa melampirkan biodata diri secara lengkap, riwayat organisasi, lomba, sekolah sampai dengan kegiatan yang pernah terjadi.

  1. Surat pernyataan

Kemudian lengkapi syarat dengan membuat surat pernyataan asli yang berisikan ketersediaannya dalam mengikuti kegiatan terkait. Umumnya surat ini harus dalam format pengetikan dan wajib diberi nama terang serta tanda tangan. Untuk memperkuat hukum dari surat tersebut bisa ada tambahan bubuhan materai.

  1. Adanya tenaga medis

Dalam sebuah kegiatan tersebut harus terdapat tenaga medis yang sudah profesional dalam bekerja. Hal ini sebagai bentuk antisipasi hal-hal yang buruk terjadi selama proses pelatihannya.

  1. Terdapat struktur hierarki yang jelas pada penyelenggaranya

Syarat berikutnya adalah melampirkan susunan organisasi atau hierarki sah mulai dari ketua penyelenggara sampai dengan staf yang tergabung dalam acara.

  1. Peralatan yang terlibat

Cantumkan juga mengenai peralatan yang berguna pada saat kegiatan berlangsung. Kegiatan yang termasuk berupa alat bantu untuk training pertama.

  1. Keterangan domisili

Setiap peserta juga harus membuat surat yang menyatakan mengenai domisili mereka saat ini.

  1. NPWP dan SIUP

Lampirkan juga mengenai NPWP dan juga SIUP untuk memperkuat keluarnya izin kegiatan yang berlaku.

  1. Akta perusahaan yang sah

Anda juga harus menyiapkan akte perusahaan asli yang sah lengkap dengan foto kopiannya untuk mendukung.

  1. Surat permohonan

Syarat terakhir yang krusial adalah mengenai pembuatan surat permohonan yang sah tertuju pada kementerian terkait.

Alur pengurusan sertifikat dan manfaatnya

Setelah melengkapi syarat terkait Anda bisa lanjut untuk mengurus langkah perizinan sebagai berikut:

1. Masuk ke dinas

Jika surat izin berdasarkan syarat dan ketentuan sudah ada, langkah berikutnya menuju dinas untuk memberikan surat tersebut. Permohonan izin tersebut harus jelas dan harus tersalurkan ke dinas tenaga kerja sebelum kegiatan berlangsung. Berikan CC kepada Menteri Ketenagakerjaan untuk pengawasnya.

2. Survey

Setelah suratnya masuk maka langkah sertifikat PJK3 terbaru adalah menteri dan dinas datang pada tempat training yang sudah ada. Akan ada simulasi terkait semua kegiatan yang terjadi pada saat berlangsungnya pelatihan.

3. Pembuatan berita acara

Berdasarkan survey tersebut akan ada berita acara yang memuat hasil training yang dikirimkan pada kementerian terkait untuk pembuatan sertifikat.

4. Pembuatan kartu

Setelah prosesnya selesai maka kartu akan terproses dan terdistribusikan pada pengajuan sebelumnya.

5. Manfaat dari sertifikat Terbuatnya sertifikat dan pelaksaan ini memiliki beberapa manfaat untuk pekerja sebagai berikut:

  • Mendapatkan sertifikat ahli K3 dari perusahaan terkait.
  • Pekerja mampu memahami kondisi dari lingkungan perusahaan setelah lulus dari pelatihan ini.
  • Peserta memiliki kemampuan untuk pembinaan dan operasional pada instansi terkait.

Dalam proses perolehan sertifikat PJK3 memang membutuhkan waktu yang panjang. Jadi untuk mendapatkannya Anda bisa melakukan pengajuan jauh-jauh hari sebelum acara berlangsung. Dengan begitu operasionalnya menjadi lebih tersusun dengan baik.

Baca Juga : Contoh RPTKA

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com