SIUPPAK Online

SIUPPAK Online

SIUPPAK Online

Layanan pengurusan SIUPPAK online merupakan salah satu fasilitas yang sangat membantu masyarakat Indonesia. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) adalah pihak yang berperan besar dalam pengadaan fasilitas tersebut.

Layanan tersebut tidak hanya membantu masyarakat untuk mendapatkan keperluan. Namun juga membantu pemerintah untuk memantau proses perizinan yang terjadi. Berbentuk aplikasi dan terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain.

Aplikasi tersebut bernama SEHATI yang merupakan kependekan dari Sistem Elektronik Hubla Terintegrasi. Melalui SEHATI, masyarakat bisa mengakses berbagai pelayanan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) cukup melalui online.

Aplikasi SEHATI Mendukung SIUPPAK Online

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merilis aplikasi SEHATI dengan tujuan supaya masyarakat bisa mengakses pelayanan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Hubla). Secara online. Sehingga prosesnya jauh lebih mudah, efektif dan efisien.

Aplikasi ini diluncurkan sebagai upaya menuju 1 data perhubungan laut. Karena semua pelayanan dalam Ditjen Perhubungan Laut dapat terlaksana melalui satu pintu. Proses perizinan menjadi lebih mudah, transparan dan realtime.

Aplikasi SEHATI terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain dalam Ditjen Perhubungan Laut. Bahkan, juga terhubung dengan eksternal Kemenhub seperti Online Single Submition (OSS) milik BKPM dan Sistem PNBP Online (SIMPONI) milik Kementerian Keuangan.

Aplikasi tersebut merupakan salah satu inovasi yang sangat membantu berbagai pihak. Terutama masyarakat Indonesia yang membutuhkan berbagai layanan dari Ditjen Perhubungan Laut.

Melalui SEHATI, proses pengajuan dan monitoring seluruh pelayanan dalam perhubungan laut dapat terlaksana secara terpadu melalui satu pintu. Juga mempunyai Digital Signature atau sertifikat elektronik. Balai Sertifikasi Elektronik adalah pihak yang menerbitkannya.

SEHATI mempunyai 7 fungsi utama dan saling terhubung. Yakni Datalake, Workflow Engine, Single Sign On, API (Appplication Programming Interface), ESB (Enterprise Service Bus), Modul Analytic Framework dan Dashboard Monitoring.

Tersedia 24 jenis layanan yang dapat membantu masyarakat. Yakni dalam bidang perkapalan, kepulauan, kepelabuhan, kenavigasian, KPLP, hingga Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran (BTKP).

Sejumlah 5 layanan tersedia dalam situs sehati.hubla.dephub.go.id. Yakni Pembuatan Baru Dokumen Pengawakan (SAFEMANING), Seafarers Identity Document (SID), hingga Surat IZIN Usaha Perekrutan dan Penempatan Awak Kapal atau SIUPPAK online.

Kemudian juga tersedia Surat Penetapan Tanda Panggilan (Calll Sign) hingga Pembangunan atau Pengembangan Tersus. Layanan satu pintu ini menjadi salah satu upaya mengurangi birokrasi.

SEHATI sebagai Upaya Memutus Penyebaran COVID-19

Kementerian Perhubungan meluncurkan SEHATI ini ketika masa pandemi covid-19 pada tahun 2020. Sehingga dapat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19. Karena masyarakat tidak perlu datang langsung ke kantor.

Hal ini mengurangi kegiatan tatap muka antara masyarakat dengann petugas Ditjen Perhubungan Laut. Sehingga membantu menjaga physical distancing yang merupakan salah satu protokol kesehatan.

Banyak sekali pihak yang membantu pengembangan SEHATI. Sehingga besar harapannya aplikasi tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, termasuk Ditjen Perhubungan Laut.

Aplikasi ini terus mengalami pengembangan dari pihak terkait. Sehingga dapat menghadirkan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Baik itu pelaku usaha maupun perorangan yang membutuhkan layanan dalam bidang perhubungan laut.

Pelaut sendiri merupakan salah satu pihak yang menjadi garda terdepan dalam distribusi logistik. Pelaut mempunyai peran penting dalam dunia pelayaran baik untuk masa sekarang maupun masa mendatang.

Oleh sebab itu, Ditjen Perhubungan Laut berupaya menghadirkan kemudahan pengurusan SIUPPAK perusahaan agar menjadi perlindungan bagi pelaut. Terutama Indonesia mempunyai perairan luas dengan jumlah pelaut cukup banyak.

Transformasi pengurusan SIUPPAK secara manual menjadi online memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan crewing. Karena pengurusan tersebut terbilang membutuhkan banyak usaha dan melalui proses panjang.

Pemerintah terus berupaya memberikan kemudahan akses layanan dalam berbagai bidang. Salah satunya ialah akses Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) seperti SIUPPAK online.

Baca Juga : AMDAL Pertambangan Emas

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com