Syarat Izin Bahan Peledak

Syarat Izin Bahan Peledak

 

Terbaru Syarat Izin Bahan Peledak

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan mengenai syarat izin bahan peledak. Syaratnya cukup banyak mulai dari prosedur pembuatan sampai dengan alur distribusi yang mengikat. Sebuah badan usaha yang bergerak dalam bidang ini harus memiliki izin dalam semua hal agar tidak mendapat kesulitan saat beroperasi.

Syarat izin bahan peledak untuk pergudangan

  1. Hasil pengecekan fisik pada lapangan

Syarat pertama yang harus ada adalah hasil pengecekan fisik pada lapangan secara lengkap. Lampirannya mulai dari berita acara sampai hasil yang terjadi saat pengecekan berlangsung. Hasil observasi ini harus benar-benar nyata tanpa manipulasi untuk mempercepat proses pengecekannya.

  1. Dokumen penunjuk sah sebagai produsen dan distributor

Syarat izin bahan peledak terbaru kedua berupa dokumen yang menunjukkan Anda benar-benar produsen atau distributor yang mengajukan. Dokumennya berupa fotokopi yang terlampir secara lengkap.

  1. Gambar konstruksi dan foto asli dari gudang

Syarat ketiga yang tidak boleh tertinggal adalah gambar rancangan konstruksi dan juga foto dari gudang yang akan berguna sebagai penyimpanannya. Hal ini untuk mempermudah proses analisa kelayakan konstruksi dan juga area penyimpanan terhadap bahan peledak nantinya.

  1. Peta untuk gudang

Syarat keempat yang wajib adalah melampirkan peta untuk alur perjalanan gudang. Hal ini untuk mempermudah petugas menganalisis teknis keamanan dan evakuasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Peta gudang juga memudahkan pekerja untuk melakukan kegiatan berkaitan bahan peledak setiap harinya.

  1. Rincian detail mengenai luas dan kapasitas gudang

Anda juga harus menyiapkan syarat berupa rincian detail terkait kapasitas dan luas gudang yang akan berguna untuk penyimpanan bahan peledak. Terdapat kriteria tertentu untuk mengetahui kelayakan dari gudang sebagai penyimpanan bahan peledak yang wajib dipatuhi.

  1. Tipe dan jumlah gudang

Syarat keenam adalah masih berkaitan dengan pergudangan yang membahan tipe serta jumlah gudang yang tersedia. Lebih banyak gudang semakin aman untuk menampung banyak macam tipe peledak terlebih yang rentan meledak. Data ini akan mendukung terbitnya izin usaha dan pendistribusian.

  1. Sertakan alasan dan tujuan

Hal ini berkaitan dengan visi misi yang terkemas menjadi alasan dan tujuan pendirian sebuah gudang untuk bahan peledak. Anda harus meyakinkan petugas terkait alasan yang logis dan tujuan yang mendukung pendirian gudangnya.

Syarat lanjut mendapatkan P3

Setelah berhasil mendapatkan izin penyimpanan bahan peledak, langkah berikutnya Anda bisa mengurus izin P3 sebagai berikut:

1. Pernyataan distributor dan produsen

Syarat izin bahan peledak terupdate berikutnya adalah melampirkan pernyataan asli dari produsen dan distributor yang mengajukan.

2. Lampiran fotokopi dokumen izin gudang

Jika sudah memiliki surat izin gudang lebih baik lampirkan surat tersebut untuk memperkuat izin yang ada.

3. Data satpam yang bergabung

Berbeda dengan pabrik lainnya, untuk gudang bahan peledak ini harus lengkap dengan data satpam yang bertugas. Bahkan satpam yang bergabung harus memiliki kekuatan khusus yang mumpuni.

4. Data ahli dan distributor

Anda juga wajib melengkapi data mulai dari semua ahli yang tergabung serta distributor yang menjalankan operasi gudangnya.

5. Sertifikat dan fotokopinya

Selanjutnya sertifikat yang terlampir harus mendukung skill dari para ahli yang tergabung di dalamnya. Sertifikat bisa berupa ahli dalam juru ledak serta penjinaknya. Tambahkan juga kartu perizinan meledakkan bahan peledak dari masing-masing ahlinya.

Syarat izin bahan peledak ini harus terpenuhi semua mulai dari awal sampai pelaksanaannya. Anda tidak boleh memalsukan dokumen atau menambah dokumen yang tidak tersebut dalam syaratnya.

Baca Juga : Contoh RPTKA

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com