Tersus Untuk Kepentingan Umum

Tersus Untuk Kepentingan Umum

Terminal Khusus Untuk Kepentingan Umum

Ada beberapa hal yang harus mendapat perhatian terkait tersus untuk kepentingan umum. Hal ini terkait dengan aturan yang mengikat dan juga syarat dan ketentuan yang berlaku. Terminal bukan hanya terbuat untuk hal yang darurat namun juga memenuhi kebutuhan dari masyarakat umum.

Alasan perpanjangan terminal khusus untuk kepentingan umum

  1. Fungsi perizinannya

Dalam proses pembuatan terminal ini juga harus berdasarkan alasan dan fungsi yang jelas. Terminal terbuat karena kondisi darurat yang terjadi akibat bencana atau aktivitas alam yang berbahaya. Inilah yang membuat pelabuhan utamanya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk fungsi kepentingan umum ini maka terminal yang tersebut tidak hanya berlaku sesuai batas yang ada. Selama bencananya belum mendapatkan solusi maka proses penggunaan bisa mendapat perpanjangan sesuai kebutuhan.

  1. Operasional

Fungsi kedua yang wajib terpenuhi dari pembuatan terminal khusus untuk kepentingan umum terbaru adalah untuk operasional. Sebagai penjelasannya bahwa pelabuhan yang ada belum mampu mencukupi kebutuhan transportasi terkait. Alasannya berupa keterbatasan fasilitas dan prasarana yang mendukung untuk pengadaannya.

Hal ini membuat proses pengantaran barang dan penumpang semakin lama dan menumpuk. Lonjakan yang tidak teratur akan membuat segalanya menjadi sulit sehingga perlunya terminal bantuan. Untuk alasan yang seperti ini perpanjangannya juga bisa melebihi waktu yang telah ada.

  1. Proses perpanjangan

Jika memang kebutuhan perpanjangannya memenuhi kedua alasan tersebut maka proses perpanjangannya harus mengikuti mekanisme yang ada. Hal ini untuk mempermudah operasional pelabuhan lain yang masih terlibat ke dalamnya. Kemudian dalam terminal tersebut juga harus ada pendukung fasilitas yang jelas.

Alasannya adalah meskipun termasuk terminal sementara namun terkait keselamatan dan keamanan segala bentuk pelayaran harus tetap menjadi yang pertama. Sehingga proses pengantaran barang dan penumpang tidak akan terganggu.

  1. Sanksi dan pencabutan izin

Anda harus memperhatikan beberapa hal penting yang membuat sebuah izin mendapat pencabutan atau adanya peluncuran sanksi untuk pemohon. Salah satu alasannya adalah pemohon mengingkari hal yang menjadi kewajibannya sesuai undang-undang yang berlaku dan juga pada surat pernyataannya.

Sanksi yang akan mereka dapatkan berupa peringatan tertulis sebanyak tiga kali. Namun jika tetap tidak memperlihatkan perilaku yang baik maka izin akan tercabut secara sepihak.

Kebijakan mengenai terminal umum

Selain beberapa hal menjadi ketentuan terminal, Anda harus mengenal kebijakan penting mengenai terminal khusus untuk kepentingan umum terupdate sebagai berikut:

  1. Lampiran dalam permohonan izin

Selama melakukan permohonan izin Anda jangan lupa untuk melampirkan beberapa hal penting mengenai beberapa hal berikut:

    • Prosedur terkait pengoperasian terminal secara rinci
    • Surat rekomendasi dari badan atau instansi terkait mengenai pembangunan terminalnya.
    • Studi kelayakan yang menyangkut lingkungan hidup, ekonomi dan juga mengenai teknisnya.
    • Alasan penggunaan terminal yang rinci dan detail.
  1. Proses kerja

Setelah syarat dan lampirannya masuk ke dalam tahap pendaftaran maka prosesnya akan memakan waktu sekitar seminggu. Waktu ini terhitung sejak dokumen masuk dalam tahap pendaftarannya. Lanjut pada tahap berikutnya yakni berupa evaluasi yang berjalan sekitar dua mingguan.

Setelah itu proses rekomendasi dan pemberian izin dari menteri terkait yang menghabiskan waktu sekitar empat harian. Yang terakhir berupa proses izin dinas perhubungan selama lima harian. Barulah surat bisa terbit dan menjadi milik bagi pemohonnya.

Anda harus memperhatikan dengan jelas mengenai terminal khusus untuk kepentingan umum terkait waktu dan syaratnya. Jadi jangan terkejut jika prosesnya cukup panjang karena izin dan tembusannya juga banyak.

Baca Juga : Terminal Khusus Pertambangan

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com