Terminal Khusus Pertambangan

Terminal Khusus Pertambangan

Terminal Khusus Pertambangan

Salah satu fungsi dari terminal adalah untuk terminal khusus pertambangan. Ada yang membedakan terminal untuk pertambangan dan pelayaran biasa. Terlebih mengenai bagian dan juga beberapa hal menjadi SOP-nya. Perbedaan yang mencolok juga bisa berasal dari fasilitas yang ada pada terminalnya.

Fasilitas untuk terminal khusus pertambangan

  1. Mooring dolphine

Fasilitas pertama yang menjadi perbedaannya adalah adanya mooring dolphine. Terdapat dua buah mooring dolphine pada bagian arah laut dan juga pada sisi belakang dari jetty-nya. Sistem dari kerja fasilitas ini adalah untuk memberikan kerapatan lebih baik dari tongkang dan pelemparan tali yang lebih baik.

  1. Berthing dolphine

Fasilitas kedua dari terminal khusus pertambangan terbaru adalah adanya berthing dolphine. Berthing dolphine memiliki fungsi untuk mempermudah segala proses dalam hal perawatan dan operasionalnya. Desain yang ada pada fasilitas ini sangat modern dengan mengutamakan pneumatic fender.

Bahkan spesifikasi yang berguna dalam penumaticnya juga tidak asal-asalan segala bentuk volume dan ukurannya sudah sangat kuat. Bagian terluarnya berguna untuk proses perapatan dari tongkang menuju jetty. Operasionalnya juga terdukung adanya catwalk untuk mempermudah proses perhubungannya.

  1. Platform

Fasilitas ketiga yang tidak ketinggalan bagusnya adalah platform. Dermaga yang ada terbangun dengan ukuran dan kapasitas yang mumpuni. Hal ini membuat dalam proses manuvernya tidak membutuhkan loading yang lama. Segala bentuk prosesnya bisa menjadi lebih cepat dan ringkas.

Dalam hal ini louder akan bergerak menuju tongkang dan menjajarinya. Sementara pencurahan batu bara akan menuju buritan untuk tujuannya. Fasilitas ini memiliki pelengkap berupa lampu dan handrail sehingga memudahkan pengoperasiannya pada malam hari.

  1. Trestle

Fasilitas yang keempat dan juga penting adalah trestle. Fasilitas ini merupakan sebuah penghubung atau jembatan yang berguna untuk arah laut dan pantai. Sehingga kelebaran yang ada mampu terakses oleh ujung ke ujung dengan lebih mudah. Fasilitas ini membantu platform untuk memaksimalkan pekerjaannya.

  1. Coal handling facilities

Yang termasuk dalam kategori ini ada beberapa hal mengenai tripper, metal detector, barge, stacking conveyor, two chain dan cross belt. Semua fasilitas ini memiliki karakteristik yang baik sehingga tingkat keamanan pasti terjaga.

Fasilitas tambahan untuk terminal tambang

Selain adanya fasilitas tersebut juga terdapat beberapa penunjang lain untuk terminal khusus pertambangan terlengkap sebagai berikut:

1. Settling pond

Fasilitas yang satu ini berguna untuk pengaturan air limbah sehingga dalam alirannya tidak akan merusak lingkungan.

2. Workshop dan warehouse

Fasilitas ini berguna untuk proses penyimpanan alat bengkel dan juga perbaikan peralatan yang dibutuhkan. Sehingga ketika proses operasional berlangsung tidak akan kebingungan ketika sedang terjadi masalah.

3. Unit pengolahan limbah cair

Segala bentuk operasional pasti menimbulkan limbah cair yang rawan merusak lingkungan. Dengan adanya fasilitas ini maka pembuangannya melalui proses khusus sehingga alirannya akan aman untuk lingkungan.

4. Rumah genset

Fasilitas yang keempat adalah rumah genset. Genset yang ada harus sejumlah 4 buah dengan kapasitas yang mumpuni untuk segala bentuk kebutuhannya. Hal ini untuk menghindari penggunaan yang berlebihan pada satu genset saja.

5. Mushola

Fasilitas kelima adalah mushola untuk kepentingan ibadah awak kapal yang membutuhkan. Sehingga ketika butuh beribadah awak kapal tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat lainnya.

6. Kantor dan kantin

Bukan hanya fasilitas umum saja namun area penting mengenai kantor dan kantin juga harus ada.

Fasilitas dalam terminal khusus pertambangan lebih kompleks karena kebutuhan yang lebih banyak. Jadi operasional pembangunannya menjadi lebih terstruktur dengan baik. Perhatikan berbagai fasilitas di atas agar terminal untuk pertambangan ini dapat digunakan dan berjalan maksimal.

Baca Juga : Jasa Pengurusan SLF

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com