ISPS Code Pelabuhan

ISPS Code Pelabuhan

Pengertian

Pelaksanaan ISPS code pelabuhan memang harus terdukung dengan pemantauan sampai dengan pengevaluasian. Hal ini untuk mendukung berjalannya keamanan dan kenyamanan yang lebih baik. Dari semua pihak yang terlibat juga harus menjalankan wewenang dan tugasnya masing-masing.

Langkah pendukung ISPS Code pelabuhan

  1. Personil keamanan yang mumpuni

Pendukung pertama yang harus ada berupa personil keamanan yang terlibat dengan mumpuni. Hal ini berkaitan dengan krusialnya tugas dari personil keamanan terkait yang tugasnya sebagai alat utama dalam perlindungan. Mereka harus memiliki pengetahuan dan keahlian yang mumpuni terutama dalam bidang ISPS code.

Manajemen keamanan serta segala hal yang menjadi keputusannya harus berdasarkan aturan yang sudah ada. Mereka harus memiliki kemampuan untuk melakukan langkah antisipasi yang lebih baik.

  1. Perbaikan sistem komunikasi

Pendukung berikutnya untuk ISPS code pelabuhan terbaru yang kedua adalah perbaikan sistem komunikasi. Segala bentuk komunikasi baik dengan pihak internal maupun eksternal harus dalam kondisi yang baik. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahpahaman atau terlambatnya proses lanjutan yang terambil.

Dalam sebuah organisasi komunikasi memang harus menjadi yang utama. Salah satu hal yang paling menghancurkan rencana adalah komunikasi yang buruk antar petugas dengan jobdesk-nya. Jadi apa pun keadaannya mereka harus mampu mengendalikan ego dan bekerja bersama dengan maksimal.

  1. Koordinasi keamanan

Pendukung ketiga yang cukup baik adalah dengan memaksimalkan koordinasi keamanan dengan bagus. Dari semua sistem keamanan yang tersedia dalam pelabuhan harus mampu melakukan koordinasi secara profesional. Kolaborasi yang baik mampu menciptakan langkah solutif tepat dengan tujuannya.

  1. Fasilitas yang mendukung

Hal pendukung terakhir yang tidak boleh tertinggal adalah adanya fasilitas yang mumpuni. Segala bentuk sarana dan pra sarana terkait harus mampu mendukung segala bentuk langkah antisipasi yang akan terjadi. Fasilitas ini membantu sistem keamanan untuk melakukan tugasnya menjadi lebih baik.

Langkah positif untuk ISPS Code

Selain beberapa pendukung yang sudah jelas tersebut Anda juga harus melakukan beberapa langkah positif untuk memperlancar prosesnya sebagai berikut:

1. Pembuatan area rahasia

Dalam proses pelaksanaan ISPS code pelabuhan terupdate ini perlu adanya pembuatan area rahasia. Area ini banyak juga mendapat sebutan sebagai area terlarang dan sudah pasti kegunaannya. Ruangan ini berguna sebagai tempat penyimpanan segala macam peralatan untuk keamanan.

2. Penanganan yang khusus

Hal berikutnya yang harus mendapat perhatian adalah dalam hal perlakuan terhadap benda berbahaya tersebut. Perlu adanya pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni untuk menyimpan atau menjinakkan barang bahaya dalam waktu yang cepat.

3. Muatan kapal yang terbatas

Langkah preventif yang membantu selanjutnya adalah berupa pembatasan lintasan kapal dengan muatan tertentu. Seperti yang sudah tertera dalam aturan bahwa hanya kapal dengan maksimum 500 GT.

4. Aturan dan langkah tertulis

Aturan dan langkah yang berguna ini harus tertulis lengkap dengan baik untuk mempermudah siapa saja yang membutuhkannya. Dengan begitu ketika sedang lupa bisa menjadi acuan untuk pemilihan alternatif langkah yang sesuai.

5. Aturan yang terbit dengan resmi

Penggunaan ISPS code ini juga harus terdukung dengan adanya banyak aturan dari berbagai macam tipe dan penggunaannya. Aturan ini harus terbukti kebenarannya serta terbit dengan sah sehingga bisa terbaca oleh semua kalangan. Adanya aturan yang jelas juga berguna sebagai penerbitan sanksi untuk yang melanggarnya.

Penerapan dari ISPS code pelabuhan ini memang membutuhkan waktu dan penyesuaian. Sehingga untuk kebutuhan jangka panjang maka harus segera dilakukan agar lebih terbiasa. Semoga informasi tentang kode ISPS ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga : ISPS Code Adalah

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

 

Email : info@ahliperizinan.com