AMDAL Pertambangan Batubara

AMDAL Pertambangan Batubara

4 Sasaran Studi AMDAL Pertambangan Batubara Yang Penting Dipelajari

AMDAL pertambangan batubara merupakan kajian intens yang wajib perusahaan tambang lakukan guna mendapatkan dukungan dari pemerintah khususnya Menteri Lingkungan Hidup. Tidak melaksanakan AMDAL sama saja dengan menyepelekan kewajiban Anda sebagai perusahaan tambang terlebih studi ini memiliki dasar hukum yang kokoh.

4 Sasaran Studi AMDAL Pertambangan Batubara Yang Penting Dipelajari

1. Geo-Fisik-Kimia

Studi AMDAL pertambangan menggunakan beberapa parameter lingkungan salah satunya Geo-Fisik-Kimia. Lantas, apa saja materi yang perlu perusahaan kaji?

Perusahaan perlu mempelajari hubungan keterkaitan antara kegiatan pertambangan batubara dengan pengaruh kualitas udara. Parameter ini juga mengukur dampak pertambangan pada kondisi lahan dan kualitas air. Hasil dari kajian ini nantinya bisa perusahaan manfaatkan untuk membuat rencana reklamasi tambang atau rencana pasca tambang.

2. Kesehatan Masyarakat

Parameter kedua adalah kesehatan masyarakat yang terbagi dalam dua komponen yakni kesehatan masyarakat dan sanitasi lingkungan. Kegiatan pertambangan yang perusahaan lakukan di sekitar pemukiman penduduk kemungkinan besar menimbulkan dampak negatif.

Mulai dari pencemaran udara, pencemaran air hingga pencemaran lahan. Agar resiko tersebut tidak terjadi dan berdampak besar terhadap kesehatan masyarakat, perusahaan perlu mengambil sikap dengan benar. Contohnya dengan menyediakan sarana kesehatan yang mampu merawat pekerja pertambangan yang sakit.

3. Sosial Ekonomi dan Budaya

Studi AMDAL pertambangan batubara terlengkap tidak akan lengkap bila belum membahas hubungannya dengan sosial ekonomi dan budaya.  Sebagaimana sebutannya, kegiatan pertambangan yang perusahaan Anda lakukan bisa jadi berpengaruh besar terhadap kegiatan perekonomian maupun kehidupan bersosial dan berbudaya.

Guna mencegah terjadinya perubahan kebudayaan dan perekonomian memburuk, perusahaan tambang perlu melakukan evaluasi dengan mempelajari semua aspeknya. Usahakan agar kegiatan pertambangan yang Anda lakukan justru mensejahterakan rakyat sekitar.

4. Biotis

Terakhir adalah biotis yang termasuk pada lingkungan hidup sekitar seperti fauna,flora, biota air laut dan biota sungai. Kegiatan pertambangan tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab pencemaran air dan tanah yang kemudian berimbas pada kehidupan flora dan fauna.

Agar kehidupan flora dan fauna tidak semakin terancam atau punah, perusahaan harus melakukan pengkajian mendalam pada aspek biotis ini. Hasil kajiannya akan menjadi bahan penilaian pada saat perusahaan mengajukan permohonan AMDAL.

Prosedur Penyusunan AMDAL Yang Harus Dilalui

1. Identifikasi

Tahukah Anda apa saja prosedur AMDAL pertambangan batubara? Kegiatan AMDAL tambang mencangkup beberapa tahapan termasuk identifikasi dampak dari kegiatan pertambangan.

Nantinya, Anda akan membuat poin-poin yang mengidentifikasi dampak rencana kegiatan tambang batubara terhadap sasaran. Lakukan survei ke lapangan dan kajian teori untuk memperoleh hasil identifikasi yang tepat dengan sasaran.

2. Penguraian

Selanjutnya adalah melaksanakan kegiatan penguraian rona lingkungan awal. Anda harus membuat catatan terkait objek yang kemungkinan terdampak paling awal ketika pekerjaan tambang batubara terlaksana.

Semakin banyak objek yang Anda ketahui semakin mempermudah dalam menemukan evaluasi atau solusi penyelesaiannya. Jangan sampai perusahaan baru menemukan dampak setelah terjadinya kegiatan pertambangan.

3. Prediksi

Merupakan kegiatan prediksi dampak penting yang kemungkinan besar terjadi dan tidak bisa dihindari oleh lingkungan setelah aktivitas tambang batubara berlangsung. Ketika memprediksi dampak lingkungan, Anda tidak hanya membuka mata tapi juga telinga. Dengarkan saran dari banyak pihak termasuk pemerintah dan masyarakat yang menetap pada lingkungan tersebut.

4. Evaluasi

Kegiatan terakhir adalah pembentukan evaluasi dampak penting. Ketika Anda berhasil membuat evaluasi pengkaji akan mengarahkan Anda untuk mulai merumuskan dokumen RKL-RPL.

Merasa sulit ketika mempelajari AMDAL. Kajian ini memang tidak mudah sifatnya wajib sehingga perusahaan tambang tidak bisa mangkir dari kewajibannya. Selesaikan kajian AMDAL pertambangan batubara dengan memanfaatkan layanan jasa profesional.

Baca Juga : RKAB Pertambangan

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com