Biro Jasa Membuat Peta

Biro Jasa Membuat Peta

 

Mengenal Peta dan Biro Jasa Membuat Peta Lebih Jauh

 

Banyak orang memilih menggunakan biro jasa membuat peta untuk menghasilkan peta berkualitas. Alasannya, pembuatan peta bukan hal yang mudah dan membutuhkan waktu lama. Berikut pembahasan lengkap terkait jasa pembuatan peta.

 

Mengenal Peta

 

Sebelum membahas lebih jauh, mari kenali terlebih dahulu apa peta itu sendiri? Peta merupakan gambaran permukaan bumi pada suatu bidang datar dengan satuan skala tertentu. Fungsi peta sendiri cukup banyak, misalnya:

 

  1. Menunjukkan lokasi atau posisi suatu tempat pada permukaan bumi
  2. Menggambarkan bentuk permukaan bumi, seperti gunung, benua, negara, sungai, dan masih banyak lagi
  3. Menyajikan data terkait potensi wilayah
  4. Sebagai alat untuk menjelaskan pengajuan rencana
  5. Membantu peneliti sebelum mensurvey kondisi daerah berlangsungnya penelitian
  6. Sebagai alat untuk mempelajari hubungan antara fenomena geografi pada permukaan bumi
  7. Memperhatikan ukuran dan arah suatu lokasi
  8. Sebagai alat analisis untuk mendapatkan suatu kesimpulan

 

Dalam penggambaran peta, Anda tidak boleh sembarangan karena ada unsur-unsur yang memudahkan pembaca mengamati peta. Apa saja unsur yang terdapat pada peta?

 

  1. Judul, merupakan unsur yang pertama kali menarik perhatian pembaca. Unsur peta ini memuat isi peta secara keseluruhan dalam satu atau beberapa kata
  2. Garis tepi, berfungsi sebagai pembatas agar peta terlihat lebih rapi
  3. Skala peta, merupakan ukuran rasio antara jarak sebenarnya dengan luas wilayah pada peta
  4. Simbol, merupakan gambaran objek sebenarnya untuk meningkatkan pemahaman pembaca
  5. Legenda, berisi keterangan dari simbol-simbol yang ada pada peta
  6. Orientasi, merupakan penunjuk arah peta yang menentukan posisi wilayah 
  7. Inset, berfungsi untuk menjelaskan kedudukan wilayah peta utama dengan sekelilingnya
  8. Warna peta, berperan penting dalam menonjolkan perbedaan objek. Misalnya, warna hijau menunjukan kenampakan vegetasi, biru menunjukan laut, putih menunjukan kenampakan es, dan masih banyak lagi
  9. Koordinat, memberikan satuan derajat garis bujur dan lintang
  10. Sumber peta, berisi referensi data terkait darimana informasi pada peta berasal

 

Jenis-jenis Peta

 

Biro jasa pembuat peta tentunya mampu menggambar berbagai jenis peta. Penyajian peta sendiri mencantumkan berbagai informasi dengan simbol yang jelas. Agar penggunaan peta lebih maksimal, pengelompokkan peta dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Berdasarkan Isinya

 

Menurut isinya, pengelompokkan peta berdasarkan isinya ada dua. Pertama, ada peta umum. Lalu, ada peta khusus atau tematik. Berikut pembahasan lengkapnya.

  • Peta Umum

 

Peta umum merupakan gambaran seluruh permukaan bumi, baik fisik alam maupun buatan. Contoh peta ini adalah peta topografi, peta korografi, peta rupa bumi, dan lain sebagainya. Jenis peta ini memberikan gambaran tentang kenampakan bumi, baik budaya maupun kenampakan alam.

 

Peta umum terbagi lagi menjadi tiga jenis, yakni peta korografi, peta topografi, dan peta geografi. Peta topografi merupakan jenis peta yang memberikan gambaran permukaan bumi dengan relief lengkap. Penggambaran relief ini dalam bentuk garis kontur yang menghubungkan tempat dengan ketinggian sama.

 

Sementara itu, peta korografi adalah peta yang menggambarkan sebagian atau seluruh permukaan bumi dengan sifat umum dan skala sedang. Salah satu contoh peta topografi adalah atlas. Terakhir, ada peta geografi yang merupakan jenis peta umum dengan skala kecil dan cakupan wilayah luas.

  • Peta Tematik

 

Jenis peta khusus atau tematik memberikan informasi mengenai kenampakan alam tertentu. Anda bisa menggunakan simbol tema pada judul peta. Beberapa contoh petanya adalah peta persebaran objek, peta kepadatan penduduk, peta objek wisata, dan peta penggunaan lahan.

  • Berdasarkan Skalanya

 

Skala merupakan perbandingan antara gambar pada peta dengan kenampakan aslinya di permukaan bumi. Berdasarkan skalanya, pembagian peta menjadi 5, yakni:

  • Peta Kadaster

 

Peta kadaster memiliki skala 1 : 100 sampai 1 : 5.000. Umumnya, peta ini berguna untuk menggambarkan sertifikat tanah atau luas tanah.

  • Peta Skala Kecil

 

Jenis peta ini memiliki skala 1 : 500.000 sampai 1 : 1.000.000. Contoh peta ini adalah peta suatu negara, seperti peta Indonesia atau peta Korea Selatan.

  • Peta Skala Sedang

 

Selanjutnya, ada jenis peta skala sedang. Peta ini memiliki skala 1 : 250.000 sampai 1 : 500.000. Jenis peta ini menggambarkan cakupan wilayah dengan gambar pulau, provinsi, wilayah, dan masih banyak lagi.

  • Peta Skala Besar

 

Jenis peta ini memiliki skala mulai dari 1 : 5.000 sampai 1 : 250.000. Peta ini berguna untuk menggambarkan daerah sempit, seperti peta desa, peta kelurahan, peta kecamatan, maupun peta kota.

  • Peta Skala Geografi

 

Terakhir, ada jenis peta skala geografi. Skala peta ini sekitar 1 : 1.000.000. Jenis skala ini biasanya memuat peta yang wilayahnya sangat luas karena skalanya kecil. Biro jasa membuat peta mampu menyelesaikan pekerjaan ini dengan contoh peta dunia atau peta benua.

  • Berdasarkan Bentuk Simetrisnya

 

Pengelompokkan peta selanjutnya berdasarkan bentuk simetrisnya. Beberapa jenis peta ini antara lain:

 

  1. Peta datar, memiliki bentuk yang datar dan terbuat dari bahan kain pada umumnya. Biasanya, penggambaran peta ini menggunakan perbedaan simbol atau warna
  2. Peta tiga dimensi atau peta timbul, menggambarkan keadaan sebenarnya dengan permukaan bumi. Pembuatan peta ini menggunakan bayangan tiga dimensi, sehingga bentuk muka buminya tampak seperti asli
  3. Peta garis, menyajikan data alam dengan kenampakan buatan manusia berbentuk garis, titik, dan luasan
  4. Peta digital, adalah peta yang tersimpan dalam komputer dengan hasil pengolahan data digital. Biasanya, peta ini tersimpan dalam CD ROM atau disket
  5. Peta foto, merupakan gambaran permukaan bumi dengan nama, legenda, garis kontur, dan unsur mozaik

 

Keuntungan Biro Jasa Membuat Peta


Pembuatan peta akan membutuhkan proses panjang dengan tingkat kesulitan tinggi. Pasalnya, Anda harus memperhatikan sejumlah unsur agar bisa membuat peta yang sesuai standar. Maka dari itu, banyak orang memilih menggunakan jasa pembuatan peta karena bisa mendapat beberapa keuntungan, seperti:

  • Hasil Berkualitas

 

Alasan yang pertama adalah karena hasilnya berkualitas. Jasa pembuatan peta tentu memiliki tim profesional yang sudah berpengalaman. Dalam tangan para ahli, hasil peta tentu akan lebih maksimal.

 

Apalagi, para ahli juga mengetahui detail dari peta. Hal ini bisa meminimalisir kesalahan dan membuat fungsional peta berjalan secara optimal.

  • Proses Pengerjaan Cepat

 

Keunggulan lainnya dari penggunaan biro jasa membuat peta adalah proses pengerjaannya yang cepat. Dengan tenaga profesional yang ada, tentunya jasa pembuatan peta bisa mengerjakan berbagai jenis peta sesuai tenggat waktu yang telah Anda berikan.

  • Ada Konsultan

 

Anda tentu akan membutuhkan referensi ketika membuat peta. Jasa pembuatan peta menyediakan konsultan profesional yang memungkinkan Anda untuk mengomunikasikan berbagai hal terkait pembuatan peta.

 

Anda bisa menanyakan hal-hal yang belum Anda mengerti. Selain itu, konsultan juga memberikan contoh peta agar Anda mendapatkan gambaran. Jangan khawatir, jika Anda memilih jasa yang tepat konsultan pasti akan melayani Anda dengan ramah.

  • Menghemat Biaya

 

Biaya pembuatan peta juga tidak bisa Anda bilang murah. Apalagi, jika Anda membuatnya seorang diri. Tentu akan memakan waktu, tenaga, serta biaya.

 

Anda harus menyiapkan budget lebih untuk menyiapkan perlengkapan peta, seperti kertas, cat khusus, dan lain sebagainya. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan biro jasa pembuatan peta. Kisaran biaya yang ditawarkan bervariasi, namun tentunya jauh lebih terjangkau daripada Anda harus membeli semua perlengkapan.

 

Kehadiran biro jasa membuat peta memang sangat membantu Anda mengatasi kesulitan dalam pembuatan gambaran permukaan bumi. Anda bisa menghubungi jasa terpercaya yang menyediakan layanan terbaik. Jangan lupa untuk memeriksa testimoni agar kualitas hasilnya lebih terjamin.

 

 

Baca Juga : Syarat Mendaftar MOMS Minerba

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com