Rencana Pasca Tambang

Rencana Pasca Tambang

Biaya Yang Dikeluarkan 

Selain memikirkan biaya pertambangan perusahaan wajib menambahkan biaya rencana pasca tambang pada laporan keuangan mereka. Tahukah Anda apa saja variabel yang masuk dalam input biaya pasca tambang? Apakah perusahaan memiliki kewajiban untuk membayarkan biaya tersebut sesuai aturan ketat yang berlaku?

Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Rencana Pasca Tambang

1. Biaya Tidak Langsung

Saat kita membahas tentang biaya pasca tambang maka pusatkanlah perhatian pada biaya tidak langsung. Jumlah persentase dari biaya ini paling besar adalah 14% dengan rincian berikut ini:

  • Biaya Perencanaan Pasca Tambang

Total biaya yang perlu Anda persiapkan adalah 10% dari jumlah biaya langsung. Pengeluaran ini penting karena menjadi tolak ukur dari keberhasilan kegiatan rencana pasca tambang terbaru milik perusahaan Anda.

  • Biaya Administrasi (Pihak Ketiga)

Selanjutnya adalah jenis biaya dengan jumlah persentase paling tinggi hingga 14%. Mengapa persentasenya tinggi? Karena biaya ini mengatur mengenai administrasi dan keuntungan dari pihak ketiga yang mana berkewajiban untuk melaksanakan kegiatan pasca tambang. 

2. Biaya Langsung

Apa itu biaya langsung? Merupakan biaya yang perlu perusahaan perhitungkan dalam penyusunan rencana biaya pasca tambang. Jenis biaya ini termasuk pada:

  • Pemeliharaan

Kegiatan pasca tambang merupakan kegiatan penutupan dari pelaksanaan pertambangan otomatis kegiatan pemeliharaan tidak bisa perusahaan lewatkan. Pemeliharaan ini membantu perusahaan mengetahui kondisi aktual yang terjadi pada lapangan, apakah kondisinya masih rentan atau sudah lebih baik. 

  • Penggunaan Fasilitas Penunjang

Pemanfaatan fasilitas penunjang juga termasuk dalam biaya langsung. Sudah menjadi rahasia umum apabila kegiatan pasca tambang membutuhkan berbagai fasilitas penting guna menyokong aktivitasnya. Tanpa semua fasilitas penunjang akan sulit bagi perusahaan untuk menjalankan kegiatan inti hingga berhasil. 

3. Pajak

Kegiatan pasca tambang juga tidak luput dengan pajak. Perusahaan wajib membayar pajak sesuai tagihan yang pemerintah bebankan. Menunggak atau menghindari pajak sama saja dengan menolak melaksanakan kewajiban sebagai warga negara.

Prosedur Pembuatan Izin Penetapan Jaminan Pasca Tambang

Jaminan rencana pasca tambang merupakan upaya pemerintah guna menyelamatkan aset SDA mereka dari pemanfaatan berlebih perusahaan pertambangan. Jaminan ini juga menjadi bukti konkret jika perusahaan berkenan melaksanakan kegiatan pasca tambang. Lantas, bagaimana prosedur pembuatan izin penetapan jaminannya?

1. Bawa Berkas Persyaratan ke DPMPTSP Setempat

Pertama-tama, Anda wajib tahu terlebih dahulu macam-macam syarat pengurusan izin penetapan jaminan pasca tambang. Dapatkan informasi lengkapnya dari konsultan rencana reklamasi dan pasca tambang ketika Anda konsultasi. Bawa berkas persyaratan tersebut ke kantor DPMPTSP setempat. 

2. Verifikasi Berkas oleh Petugas

Berkas yang Anda serahkan akan petugas front office proses saat itu juga. Berkas yang memenuhi syarat akan masuk ke tahapan berikutnya sementara yang memiliki kekurangan wajib dikembalikan ke pemohon. 

3. Proses Berkas ke Back Office

Petugas back office menerima berkas permohonan dari front office dan kembali melakukan verifikasi untuk memastikan kevalidan dokumennya.

4. Pembuatan Surat Pengantar

Berkas yang telah memenuhi berbagai persyaratan berhak atas surat pengantar.

5. Verifikasi Berkas Pengajuan oleh Tim Teknis

Selanjutnya adalah proses verifikasi oleh tim teknis yakni petugas dari Dinas ESDM provinsi setempat. Mereka perlu melakukan berbagai pertimbangan sebelum mengambil keputusan menolak atau melanjutkan penerbitan surat izin.

6. Input data dan Cetak Draft Persetujuan oleh DPMPTSP

Berkas yang lolos dari verifikasi tim teknis akan masuk kembali ke DPMPTSP untuk cetak draft sekaligus input data. 

7. Penandatanganan Berkas oleh Kepala Bidang & Kepala Seksi

Sebelum berkas DPMPTSP berikan pada pemohon, berkas wajib memperoleh tanda tangan dari Kepala Bidang maupun Kepala Seksi. 

8. Penyerahan Surat Izin ke Pemohon

Terakhir adalah penyerahan surat izin ke pemohon.

Hindari melaksanakan prosedur izin penetapan jaminan pasca tambang yang sulit dengan meminta bantuan dari jasa profesional. Hasilnya, kegiatan rencana pasca tambang yang perusahaan lakukan akan lebih ideal, cepat dan tanpa masalah.

Baca Juga : Modi Minerba

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com