Rencana Reklamasi Tambang

Rencana Reklamasi Tambang

Fakta Menarik Seputar RRT 

Membuat dokumen rencana reklamasi tambang berbeda dengan melaksanakan prosedurnya di lapangan. Tanpa persiapan yang matang bisa jadi kegiatan reklamasi tambang bermasalah bahkan mengakibatkan kerugian. Meski memiliki banyak pengaturan, kita tidak bisa menampik jika kegiatan ini juga menawarkan segudang manfaat. 

Fakta Menarik Seputar Rencana Reklamasi Tambang

Sebelum masuk ke pembahasan tentang manfaat kegiatan reklamasi tambang, perhatikan terlebih dahulu fakta-fakta menarik seputar kegiatannya berikut ini:

1. Jangka Waktu

Tahukah Anda macam-macam kegiatan yang berlangsung saat suatu perusahaan pertambangan melakukan reklamasi? Kegiatan tersebut meliputi audit lingkungan, pengelolaan lingkungan hingga laporan. Semua kegiatan yang kami sebutkan membutuhkan waktu yang cukup lama dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya.

Contohnya kegiatan pengelolaan lingkungan atau reklamasi yang memakan waktu hingga 5 tahun lamanya. Waktu yang sama juga perusahaan butuhkan untuk melaksanakan serangkaian audit lingkungan. Jadi sudah bisa Anda bayangkan betapa sulit dan intensnya kegiatan reklamasi atau pasca tambang yang berjalan. 

2. Sanksi Administratif

Setiap kegiatan yang memiliki aturan baku dalam peta Perundang-Undangan atau pemerintahan menyediakan sanksi administratif. Tindakan pelanggaran rencana reklamasi tambang yang perusahaan lakukan bisa berimbas pada pencabutan hak pertambangan.

Salah satu jenis pelanggarannya adalah pencemaran atau kerusakan lingkungan yang kemudian berimbas pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Kepala daerah memiliki hak untuk melaporkan atau membuat permohonan agar izin pertambangan milik perusahaan hilang atau dicabut. 

3. Jaminan Reklamasi

Informasi mengenai jaminan reklamasi tertera dengan jelas pada Surat Keputusan Mentamben, ada sanksi hukum berlaku apabila perusahaan tidak melaksanakan kewajibannya. 

Dana jaminan milik perusahaan pertambangan harus mereka kelola dengan baik. Ada pun bank tempat mengelola dananya adalah bank yang pemerintah tunjuk. Besaran dana jaminan yang perlu perusahaan setorkan menjadi tanggung jawab perhitungan Direktur Jenderal. 

Manfaat Melakukan Reklamasi Tambang

1. Waduk

Manfaat rencana reklamasi tambang sangatlah beragam salah satunya masyarakat atau pemerintah bisa memanfaatkannya untuk membuat waduk. Fasilitas ini tidak hanya masyarakat gunakan dalam satu tahun tapi juga bertahun-tahun apabila waduk mereka kelola dan rawat dengan baik. 

2. Area Perkebunan/Pertanian

Tidak hanya menjadi waduk, lahan bekas reklamasi tambang juga bisa pemerintah dan masyarakat kembangkan sebagai area perkebunan atau pertanian.  Tentu saja dengan catatan jika lahan tersebut berada dalam kondisi yang bagus dan subur untuk menanam benih. 

3. Lapangan Pekerjaan

Banyak area bekas pertambangan yang pada akhirnya pemerintah sulap menjadi lapangan pekerjaan. Namun untuk sampai pada titik tersebut, pemerintah harus memperhatikan berbagai kondisi termasuk kualitas lahan, air juga udara.

Bila SDA mengalami pencemaran atau berbahaya maka area reklamasi tambang tidak cocok untuk lapangan pekerjaan. Mengapa? Khawatir area tersebut menyebabkan penyakit dan kematian.

4. Tempat Wisata

Pernahkah Anda melihat area reklamasi tambang yang berubah menjadi tempat wisata? Kondisi ini tidak mustahil terjadi apalagi jika lingkungan tersebut memiliki nuansa alam yang unik dan indah. 

Bayangkan betapa besarnya keuntungan yang bisa pemerintah atau perusahaan swasta peroleh ketika mengubah area pertambangan menjadi tempat wisata. Sebelum membuka tempat wisata, pengelola biasanya akan melakukan serangkaian tes dan survei lapangan.

5. Pemukiman Penduduk

Dan kemungkinan terakhir yang tidak bisa kita hindari adalah pembuatan pemukiman penduduk. Indonesia termasuk negara yang padat penduduk otomatis pemerintah membutuhkan lahan-lahan baru untuk membangun pemukiman. 

Itulah sebagian besar manfaat yang bisa kita temukan ketika perusahaan melaksanakan reklamasi tambang sebagaimana mestinya. Tidak heran jika pemerintah terus mendorong dan menyokong berbagai perusahaan pertambangan agar melaksanakan kewajiban rencana reklamasi tambang.

Baca Juga : Modi Minerba

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com