Dokumen Rencana Pasca Tambang

Dokumen Rencana Pasca Tambang

Contoh Dokumen Rencana Pasca Tambang Dengan Informasi Mendetail

Penyusunan dokumen rencana pasca tambang merupakan salah satu kegiatan pertambangan yang tidak bisa perusahaan hindari. Mengapa? Karena pasca tambang sendiri masuk dalam bagian kegiatan pelaksanaan pertambangan yang tidak bisa kita pisahkan antara satu dan lainnya. Perencanaan kegiatan ini ada aturan dan ketentuan hukumnya. 

Contoh Dokumen Rencana Pasca Tambang Dengan Informasi Mendetail

Setiap kegiatan memiliki dokumen jelas dengan berbagai informasi mendetail yang terlampir. Ketika kita membahas tentang dokumen pasca tambang maka inilah data-data yang kita temukan.

1. Pendahuluan

Materi yang tertulis pada dokumen sangat panjang dan terperinci. Pada bagian depan Anda akan melihat pendahuluan yang terbagi dalam latar belakang, maksud dan tujuan serta ruang lingkup/pendekatan. Bagian pendahuluan ini bersifat perkenalan karena data yang perusahaan masukan meliputi identitas perusahaan. 

2. Profil Wilayah

Masuk ke bagian kedua membahas profil wilayah termasuk uraian tentang lokasi, rona lingkungan awal hingga kondisi air permukaan dan sebagainya. Profil wilayah ini menjelaskan secara terperinci bagaimana kondisi lingkungan area pertambangan. Apakah kondisinya masih bagus atau sudah tercemar.

3. Deskripsi Kegiatan Pertambangan

Dokumen rencana pasca tambang terbaru harus menyampaikan berbagai informasi tidak terkecuali deskripsi kegiatan pertambangan. Pemerintah atau pemantau wajib mengetahui apa metode pertambangan yang perusahaan gunakan. Mereka juga harus mengetahui fasilitas penunjang yang perusahaan manfaatkan. 

4. Rona Lingkungan Akhir Lahan Pasca Tambang

Sama seperti bab kedua, pada bab keempat ini perusahaan akan membahas lebih mendetail profil lingkungan. Pembahasannya juga termasuk aspek sosial, ekonomi dan budaya. Informasi yang tertera pada bab ke-4 juga termasuk uraian lengkap tentang prediksi cadangan bahan galian. 

Selain keempat materi yang telah kami paparkan, sesungguhnya masih banyak sekali data yang harus perusahaan input pada dokumen pasca tambang. Anda bisa mendapatkan informasi-informasi tersebut dari konsultan rencana reklamasi atau pasca tambang.

Macam-Macam Kegiatan Pasca Tambang

1. Perbaikan atau Penataan Kualitas Lahan

Pasca tambang merupakan kegiatan yang sengaja perusahaan laksanakan guna memperbaiki sekaligus menata kembali kualitas lahan pertambangan. Tujuan dari kegiatan ini sangat banyak tidak hanya bagi perusahaan pertambangan tapi juga bagi lingkungan, masyarakat dan pemerintah. 

Saat pemerintah menemukan lahan pasca tambang subur maka mereka dapat memanfaatkannya untuk pembangunan negara. Kualitas lahan yang bagus juga bisa membangun lapangan pekerjaan baru karena dialih fungsikan sebagai peternakan atau perkebunan misalnya. 

2. Sosial-Ekonomi

Apa hubungannya rencana pasca tambang dengan sosial-ekonomi? Pembuatan dokumen rencana pasca tambang terlengkap merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap Perundang-undangan dan pemerintahan. Artinya, perusahaan tidak bisa menghindari atau menyepelekannya begitu saja. 

Sementara pihak yang benar-benar terdampak ketika perusahaan melaksanakan pertambangan adalah masyarakat sekitarnya. Kegiatan pasca tambang penting sekali untuk mengembalikan atau meringankan sedikit dampak tersebut entah terhadap perekonomian maupun sosial bermasyarakat. 

3. Menganalisis Kondisi Air dan Udara

Rencana pasca tambang mengacu pada perbaikan lahan tapi tahukah Anda jika kegiatan tersebut bermanfaat untuk mengetahui kondisi udara dan air? Kegiatan pertambangan terkadang membuat kondisi air dan udara tercemar padahal kedua SDA itu sangat masyarakat butuhkan.

Adanya kegiatan pasca tambang setidaknya bisa menjadi obat mujarab untuk mencegah terjadinya pencemaran udara dan air lebih lama dan intens lagi.  Masyarakat bisa dengan bebas menghirup udara dan menggunakan air tanpa perlu khawatir dengan kebersihannya.

Sudah menjadi kewajiban perusahaan pertambangan untuk memikirkan dan membuat rencana pasca tambang. Berbagai pemikiran tersebut nantinya akan mereka tuangkan pada sebuah dokumen. Dokuman rencana pasca tambang yang memuat informasi terlengkap kegiatan pasca tambang yang hendak perusahaan laksanakan. 

Baca Juga : Modi Minerba

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

Hubungi Kami

Call / WA :  +62 811-1280-842 Catur Iswanto, ST

Email : info@ahliperizinan.com